Kajian Stratejik dan Global

Kajian Stratejik dan Global

Sekolah Kajian Stratejik dan Global adalah penyelenggara Program Magister bercorak multidisiplin yang memfasilitasi proses-proses kreatif dan berpikir yang kritis untuk mewujudkan ilmu baru bersifat strategis dalam menghadapi tantangan global.

Karakter dari SKSG adalah

  • Memberi jawaban dan penjelasan ilmiah terhadap berbagai persoalan yang dihadapi manusia dan masyarakat secara komprehensif
  • Melalui pendidikan dan risetnya menjawab berbagai tantangan nasional, regional dan global serta memberi rekomendasi strategis bagi terjadinya perubahan
  • Bersifat holistik, menyeluruh, dan terbuka terhadap kontribusi teori dan metodologi terkini dari berbagai ilmu
  • Melahirkan teori dan metodologi baru, yang tidak dapat ditampung lagi dalam ilmu-ilmu monodisiplin
  • Melahirkan percabangan ilmu-ilmu baru yang bersifat lintasdisiplin

Program Studi

  • Kajian Ketahanan Nasional  Akreditasi A
  • Kajian Wilayah Amerika Akreditasi A
  • Kajian Wilayah Jepang Akreditasi A
  • Kajian Gender Akreditasi A
  • Kajian Ilmu Kepolisian Akreditasi A
  • Kajian Pengembangan Perkotaan Akreditasi A
  • Kajian Timur Tengah dan Islam Akreditasi A
  • Kajian Wilayah Eropa Akreditasi A
  • Kajian Terorisme Akreditasi A

sksg.ui.ac.id
sksg@ui.ac.id
021-3929717, 021-3900538, 021-3924710

Kajian Ketahanan Nasional

D engan visi menjadi pusat unggulan akademik di bidang Ketahanan Nasional yang bersifat strategis dengan pendekatan multidisiplin, Program Studi (prodi) menyelenggarakan Pendidikan Magister Kajian Stratejik Ketahanan Nasional dengan berbagai peminatan.

Prodi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan magister yang memiliki kemampuan untuk membuat strategi penyelesaian masalah ketahanan nasional melalui pengembangan pengetahuan multidisiplin, memecahkan masalah berdasarkan pengelolaan riset, dan menghasilkan penilaian terhadap berbagai fenomena yang terjadi yang dapat mengganggu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta dapat mengganggu integritas dan eksistensi sebuah Negara.

Secara khusus prodi ini bertujuan untuk menghasilkan profil lulusan yang yang mampu menganalisis isu-isu stratejik yang berpotensi mengancam ketahanan lembaga, daerah dan nasional, mampu membuat perencanaan stratejik pembangunan daerah, bahkan nasional, mampu membuat analisis kebijakan publik dan bisnis yang berwawasan ketahanan, mampu mengembangkan kepemimpinan strategis dan mengambil keputusan dalam situasi chaos dan conflict, serta mampu menganalisis potensi ancaman dan membuat sistem yang early warning.

Mata Kuliah Kompetensi Inti/Utama, yang diselenggarakan adalah:

  • Teori Ketahanan Nasional
  • Pertahanan dan Keamanan Nasional
  • Politik, Demokrasi dan HAM
  • Hubungan Internasional
  • Perubahan Sosial dan Analisis Konflik
  • Ekonomi dan Proses Globalisasi
  • Analisis Kebijakan
  • Filsafat Ilmu dan Pendekatan Multidisiplin
  • Metode Penelitian dan Penulisan Akademik

Kampus Universitas Indonesia Salemba
Gedung “C” Lantai 4
Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta 10430

Email : pskkn@ui.ac.id

Telp  : 021 –  3907691
Fax   : 021 –  3907269

Kajian Wilayah Amerika

M ENGAPA BELAJAR TENTANG AMERIKA? Bangsa Amerika adalah bangsa yang penuh paradoks. Nilai-nilai, idealisme, karya dan sepak terjangnya di berbagai bidang banyak mempengaruhi dan menginspirasi dunia. Namun Amerika juga sering dianggap sebagai sumber berbagai pengaruh jelek, misalnya kecenderungan Amerika untuk mendominasi bangsa lain, serta berlakunya sekularisme yang berakibat pada kurangnya kepedulian masyarakat akan nilai-nilai agama.

Namun sulit dipungkiri bahwa Amerika adalah bangsa yang sangat produktif di banyak bidang; hasil-hasil karyanya menyebar ke seluruh dunia. Teknologi Amerika, lunak maupun keras, selalu terinovasi dan bersifat praktis sehingga digunakan oleh banyak orang karena manfaatnya. Kebudayaannya – budaya populer, film, musik, drama, sastra, filsafat – dikonsumsi dunia. Pemikiran, praktek, dan sistem yang mereka terapkan dalam bidang-bidang politik dan ekonomi juga memiliki pengaruh yang luas.

Paradoks Amerika ini menimbulkan banyak pertanyaan. Apa sebenarnya yang membuat bangsa Amerika begitu kuat dan produktif? Bagaimana mereka berpikir dan berkreasi sehingga kebudayaan mereka memberi manfaat, mempengaruhi, dan juga menginspirasi dunia? Namun mengapa mereka suka mendominasi bangsa lain? Bagaimana mereka menjadi sekuler? Apa yang terjadi dengan agama dan kehidupan beragama mereka? Bagaimana kelompok-kelompok minoritas berjuang supaya hak-hak mereka diakui? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini menimbulkan keinginan dan kebutuhan untuk mempelajari bangsa dan negara Amerika secara mendalam dan menyeluruh dengan pendekatan dari berbagai disiplin ilmu. Untuk itu, universitas-universitas terkemuka di dunia membuka program studi Kajian Wilayah Amerika, termasuk Universias Indonesia yang sekarang telah menjadi universitas kelas dunia.

PROFIL LULUSAN

Magister Sains yang mampu mengembangkan berbagai pemikiran tentang Amerika terkait fenomena kelindan global dan transnasional dalam berbagai aspek dan dimensinya secara interdisiplin dan multidisiplin, serta mampu merumuskan rekomendasi kebijakan strategis terhadap Amerika berdasarkan prinsip keseimbangan kepentingan nasional dan internasional.

KOMPETENSI

  1. Mampu mengkritik fenomena kelindan global dan transnasional Amerika.
  2. Mampu menganalisis kerangka berpikir interdisiplin dan multidisplin yang mencakup ilmu Sejarah, Antropologi, Sosiologi, Kajian Budaya dan Media, Politik, dan Ekonomi.
  3. Mampu mengembangkan berbagai pemikiran tentang Amerika dalam berbagai aspek dan dimensi.
  4. Mampu mempertimbangkan pilihan penafsiran tentang Amerika berdasarkan kerangka berpikir interdisiplin dan multidisiplin.
  5. Mampu mengembangkan penafsiran tentang Amerika dari perspektif Indonesia.
  6. Mampu memberikan rekomendasi mengenai penyelesaian masalah stratejik dan global.
  7. Mampu mengelola riset berkaitan dengan isu-isu stratejik dan global dengan pendekatan multidisplin.
  8. Mampu menghayati subyektifitas sebagai orang Indonesia dalam menyikapi kelindan Amerika dalam konteks global.
  9. Mampu menghasilkan (menyusun) karya ilmiah yang inovatif yang diakui secara nasional atau internasional

PERSYARATAN

  1. Memiliki ijazah Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi dalam dan Luar Negeri.
  2. Lulus Seleksi Ujian masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia

GELAR
Magister Sains ( M.Si )

WAKTU KULIAH

Mata kuliah-mata kuliah program studi diselenggarakan pada sore hari. Mata kuliah-mata kuliah fakultas umumnya diselenggarakan pada siang dan sore hari.

KURIKULUM

Kurikulum Program Studi Kajian Wilayah Amerika UI berpusat pada beberapa kuliah inti, yaitu :

  • Masyarakat dan Kebudayaan Amerika
  • Dinamika Pemikiran Amerika
  • Agama di Amerika
  • Transnasionalisme dan Migrasi
  • Jender, Etnisitas, dan Kelas
  • Seminar Proposal Tesis

Masyarakat dan Kebudayaan Amerika menelusuri bentuk-bentuk dan pemikiran tentang kebudayaan Amerika dari awal berdirinya koloni Inggris hingga abad 20.

Tema-tema yang dieksplorasi meliputi kaum pribumi Amerika hingga masyarakat urban. Isu-isu budaya, seperti melting pot, salad bowl, pluralisme budaya, dan multikulturalisme juga menjadi pokok pembahasan.

Dinamika Pemikiran Amerika membahas pemikiran-pemikiran awal yang muncul di Amerika sebagai hasil kedatangan bangsa Eropa di Amerika dengan ideologi dan pemikiran yang mereka bawa dan bagaimana hal itu berpengaruh dalam pembentukan negara Amerika. Pemikiran-pemikiran ini dipengaruhi oleh filsafat pencerahan, filsafat yang berasal dari agama Kristen, dan liberalisme Eropa yang menentukan arah baru seiring dengan berkembangnya Amerika sebagai sebuah negara dan imperium. Pembahasan dilanjutkan dengan menyoroti berkembangnya pemikiran-pemikiran baru berkaitan dengan kebebasan, hak asasi manusia, hak pekerja, hak warganegara, hak kaum wanita sampai isu-isu yang menyangkut masyarakat minoritas, seperti kaum kulit hitam, kaum pribumi, kaum LGBT, dan kaum difabel.

Agama di Amerika membahas perkembangan dan dinamika kehidupan beragama di Amerika dari puritanisme hingga cyber religions. Selain itu, isu-isu hubungan agama dengan negara, agama dengan masyarakat, public-private, dan doktrin dengan praktik beragama akan menjadi pokok bahasan. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada hubungan agama dengan media, komodifikasi agama, dan berbagai aliran agama yang tumbuh di dalam masyarakat Amerika.

Transnasionalisme dan Migrasi membahas bentuk-bentuk mobilitas penduduk Amerika dari masa pra-kemerdekaan hingga kontemporer. Konsep-konsep subjektifitas kontemporer seperti flexible subject dan global citizen akan dianalisis dari teks fiksi maupun non-fiksi. Keamanan nasional juga akan dibahas dalam hubungannya dengan transnasionalisme, imigrasi, terorisme, dan lain-lain. Bahasan mencakup ancaman, baik yang nyata maupun yang dipersepsikan, yang dilakukan oleh negara dan non-negara terhadap keamanan nasional Amerika.

Jender, Etnisitas, dan Kelas mengkaji perkembangan dan interseksionalitas isu jender, etnisitas, dan kelas di Amerika Serikat pada masa kini dengan melihat perdebatan yang terjadi sejak dasawarsa 1970-an. Pembahasan dalam kuliah ini mencakup berbagai gagasan tentang jender, etnisitas, ras, dan kelas di Amerika Serikat sebagai basis kritik dan konstruksi budaya. Pembahasan juga mencakup isu-isu jender, etnisitas, dan budaya hibrid Amerika yang mempengaruhi serta termodifikasi dalam perdebatannya di Indonesia pada masa kini.

Seminar Proposal Tesis membahas langkah-langkah mahasiswa dalam mempersiapkan proposal tesis. Hal ini mencakup penentuan topik dan obyek penelitian, perumusan masalah, penulisan tinjauan pustaka, penyusunan kerangka teori, dan penentuan metodologi. Mahasiswa juga dibimbing untuk memahami sistematika dan struktur tesis.

Jumlah keseluruhan kredit yang harus dikumpulkan mahasiswa adalah 43 sks. Jumlah ini terdiri dari:

  • 9 sks mata kuliah fakultas/sekolah
  • 28 sks mata kuliah wajib program studi (termasuk 8 sks penulisan tesis dan 2 sks publikasi ilmiah)
  • 6 sks mata kuliah pilihan program studi atau lintas prodi/fakultas

Pencapaian 43 sks ini harus diselesaikan dalam jangka waktu maksimal 6 (enam) semester. Artinya, masa kuliah sejak awal hingga selesai adalah maksimal 3 (tiga) tahun akademik.

Untuk pemenuhan jumlah sks, Program Studi Kajian Wilayah Amerika menawarkan sejumlah mata kuliah pilihan yang bisa diambil mahasiswa. Mata kuliah-mata kuliah pilihan ini mencakup bidang-bidang kebudayaan, sosial, ekonomi, politik, dan media komunikasi. Mata kuliah-mata kuliah pilihan yang ditawarkan adalah Teknologi Informasi dan Ruang Global, Demokrasi Amerika, Amerika dan Dunia Muslim, Kebijakan Luar Negeri Amerika, Kapitalisme Global, dan Kapita Selekta. Di samping itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengambil mata kuliah lintas program studi atau lintas fakultas. Tujuan umum mata kuliah-mata kuliah pilihan tersebut adalah mengajarkan kompetensi penunjang berupa kemampuan menganalisis aspek-aspek tertentu dari masyarakat dan kebudayaan Amerika.

Setiap mahasiswa dengan bimbingan dosen memiliki keleluasaan untuk memilih mata kuliah yang ditawarkan. Keleluasaan ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyusun program kuliah sesuai minatnya, mendalami minat tersebut, dan memperjelas gambaran topik tesis yang akan ditulisnya.

Kampus Universitas Indonesia Salemba
Gedung Rektorat Universitas Indonesia Lantai 4
Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta 10430
Email : pskwa@ui.ac.id
Telp : (021) 3908105, 3190 2059
Fax : (021) 3190 2252

Kajian Wilayah Jepang

P rogram Studi Kajian Wilayah Jepang berbeda dari studi yang bersifat discipline oriented, seperti antropologi, arkeologi, sosiologi, linguistik, susastra, biologi dan semacamnya yang memusatkan perhatian utamanya pada studi yang berhubungan dengan kedisiplinan ilmunya. Sementara, Studi Kajian Wilayah merupakan suatu bidang studi yang bertitik tolak dari masalah, fenomena konkret yang muncul di ruang dan atau waktu tertentu dalam kesatuan sosial budaya wilayah yang bersangkutan.

Dengan gambaran demikian, Program Studi Kajian Wilayah Jepang membahas kesatuan sosial-budaya Jepang sebagai obyek kajian. Dalam konteks Kajian Wilayah Jepang, kajian bertujuan mengangkat masalah, fenomena kongkret yang muncul di ruang dan atau waktu tertentu dalam kesatuan sosial budaya Jepang.

Oleh karena itu mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang pendidikan S1 kejepangan, sebelum mengikuti kuliah reguler, perlu mendapatkan pengetahuan dasar tentang bahasa, masyarakat, kebudayaan dan geografi Jepang di awal program, yang diselenggarakan dalam bentuk matrikulasi.

Prodi mendapat dukungan dari the Japan Foundation dan lembaga lain untuk menghadirkan pengajar tamu dari Jepang, serta menyelenggarakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan beasiswa belajar bahasa Jepang di Jepang.

KAJIAN JEPANG
Kampus Universitas Indonesia Depok
Gedung Pusat Studi Jepang Lt 1

Telp    : 021-7864830
Faks    : 021-7864835
Email_1 : kwj_ui@yahoo.com
Email_2 : pskwj@ui.ac.id

Kajian Gender

K ehadiran program studi tidak dapat dilepaskan dari masih banyaknya persoalan khusus yang dihadapi perempuan seperti kekerasan berbasis gender, Angka Kematian Ibu yang tinggi, praktik – praktik budaya yang merugikan, hingga partisipasi politik perempuan yang masih rendah.

Dalam perkembangannya, kajian juga mengungkap berbagai isu yang dihadapi kelompok – kelompok rentan seperti kelompok miskin, kelompok minoritas, kelompok penyandang catat, masyarakat adat, akibat konstruksi sosial dan konstruksi gender yang timpang, yang terefleksikan dalam praktik kehidupan sehari – hari hingga struktur sosial dan kebijakan. Kajian juga membahas implikasi konstruksi peran gender pada laki-laki, serta bagaimana melibatkan laki-laki dalam memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender.

Visi prodi adalah menjadi lembaga rujukan terdepan di tingkat nasional dan internasional untuk pengembangan konseptual kajian gender di Indonesia, dalam rangka memperjuangkan terciptanya masyarakat adil gender. Ini dilakukan dengan memenuhi kebutuhan akan pekerja profesional yang memiliki kemampuan analisis – sintesis kritis dalam mengembangkan riset dan atau program, dengan pendekatan interdisiplin berwawasan global. Kehadiran prodi penting untuk mendukung penanggulangan berbagai persoalan sosial melalui dikembangkannya nilai dan praktik hidup berkesetaraan dan berkeadilan gender.

Dengan latar belakang di atas, profil kompetensi lulusan yang disasar adalah kemampuan mengembangkan pengetahuan kajian gender dan menanggulangi persoalan sosial berdasarkan nilai dan praktik hidup berkeadilan gender melalui riset dan atau program, dengan pendekatan inter/multidisiplin berwawasan global.

Prodi menyelenggarakan Mata Kuliah antara lain adalah Sensitivitas Gender dan Pengantar Kajian Gender, Teori-teori Feminis dalam Ilmu-ilmu Sosial, Metodologi Penelitian Kajian Gender,  Agama dan Spiritualitas dari Perspektif Adil Gender, Gender, Politik dan Akses terhadap Keadilan, serta Tugas Lapangan atau Magang di organisasi/ lembaga yang dipilih.

Prodi saat ini tidak menyelenggarakan paket peminatan khusus, tetapi mahasiswa tetap dapat mengembangkan kajian khusus untuk bidang yang menjadi kompetensi atau peminatannya melalui Tugas Lapangan, serta pengembangan proposal dan penelitian sesuai bidang minat. Prodi memiliki pengajar dan narasumber yang kuat dalam kekhususan berbeda, misalnya terkait isu tubuh dan seksualitas, gender dan politik, kesehatan reproduksi, psikologi hukum, antropologi lingkungan dan sebagainya.

Mahasiswa yang outstanding, dapat mengelola waktu dengan baik, dan telah memiliki gambaran jelas mengenai topik tugas akhir akan dapat menyelesaikan studi dalam waktu 3 semester.

PROGRAM STUDI KAJIAN GENDER
Kampus Universitas Indonesia Salemba
Gedung Rektorat Lt.4
Jl.Salemba No.4 Jakarta Pusat

Email_1 : pskgender@ui.ac.id
Email_2 : kajiangender90@gmail.com
Telp     : 021 – 3160788
Faks    : 021 – 3907407

Website : kajiangender.pps.ui.ac.id

Kajian Ilmu Kepolisian

<p>VISI
Menjadi pusat unggulan akademik di bidang Ilmu Kepolisian di Indonesia dalam menghadapi tantangan – tantangan yang ada dalam masyarakat sehubungan dengan masalah – masalah kejahatan (crime), ancaman terhadap keadilan (justice) dan gangguan terhadap keteraturan sosial (social order).

MISI

  • Mengembangkan dan menetapkan Ilmu Kepolisian di Indonesia sebagai ilmu pengetahuan antar- bidang    (interdisciplinary science) maupun multi-bidang (multidisciplinary science)
  • Memberikan pendidikan dengan pendekatan antar bidang dan multi-bidang yang mempertemukan teori, riset empirik dan analisis normatif
  • Mengembangkan program-program riset dengan pemahaman yang benar tentang metode penelitian ilmu sosial (social science methods), disain riset, serta statistik
  • Merespons kebutuhan masyarakat Indonesia dengan menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing secara nasional dan internasional, dalam menghadapi tantangan abad ke-21 tentang masalah kejahatan dan ancaman terhadap keadilan, serta gangguan terhadap keteraturan  sosial.

Tujuan
Program Magister Kajian Ilmu Kepolisian bertujuan menghasilkan lulusan yang berkualitas sebagai berikut :

  • Berjiwa Nasional,
  • Terbuka dan tanggap terhadap perkembangan Ilmu Kepolisian serta permasalahan yang dihadapi masyarakat,
  • Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis metodologi Ilmu Kepolisian,
  • Menguasai teori, Konsep dan Paradigma Ilmu Kepolisian Modern,
  • Dekat dengan permasalahan dan karya serta pemikiran mutakhir para ahli,
  • Mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan Ilmu Kepolisian untuk memecahkan masalah yang terkait dengan Ilmu Kepolisian,
  • Mampu mengkomunikasikan pemikirannya dengan sejawat maupun masyarakat luas, baik dalam forum ilmiah maupun awam, lisan maupun tertulis.

Kekhususan :
Terdiri dari 4 Program Kekhususan:
1.Administrasi Kepolisian (AK).
2.Hukum Kepolisian (HK).
3.Manajemen Sekuriti (MS).
4.Manajemen Sumber Daya Manusia Polri (MSDM).

KAJIAN ILMU KEPOLISIAN
Pascasarjana Universitas Indonesia
Kampus Universitas Indonesia
Gedung IASTH Lantai 4

Email   : sekretariat.kikui@gmail.com dan pskik@ui.ac.id

Telp    : 021 – 3902885
Fax     : 021 – 3902885

Kajian Timur Tengah dan Islam

[dropcap style="font-size: 60px; color: #9b9b9b;"]

Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (PSKTTI UI) adalah program studi penyelenggara pendidikan & pengajaran tentang kawasan Timur Tengah dan Kajian tentang Islam tingkat Magister. Program studi ini secara struktural administratif berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Indonesia (PPs UI).  PSKTTI UI dibuka berdasarkan surat izin dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Nomor: 2801/D/T/2001 tanggal  30 Agustus 2001. Pembukaan program studi ini diresmikan oleh  Wakil Presiden Republik Indonesia Dr. Hamzah Haz di Balai Sidang  Universitas Indonesia pada tanggal 31 Juli 2002.

Hingga saat ini PSKTTI UI telah dua (2) kali mendapatkan akreditasi dari  BAN-PT dengan nilai A. SK BAN-PT untuk hasil akreditasi PSKTTI UI adalah:

  1. SK Ban PT Nomor: 011/BAN-PT/Ak-IV/S2/XII/2005 dengan nilai A
  2. SK Ban PT Nomor : 021/BAN-PT/Ak-VIII/S2/I/2011 dengan nilai A

VISI

Terwujudnya  program studi sebagai lembaga pendidikan akademik berbasis riset dalam bidang kajian wilayah Timur Tengah dan kajian ke-Islaman yang bertaraf Internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Kajian Timur Tengah dan Kajian ke-Islaman yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik bermutu internasional serta memiliki kemampuan mengembangkan ilmu untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di era global.
  2. Mengembangkan riset-riset di bidang kajian Timur Tengah dan kajian ke-Islaman yang berstandar nasional dan internasional yang mampu mengantarkan Indonesia ke era global.
  3. Mempersiapkan calon-calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang Doktor di Bidang Kajian Timur Tengah dan Islam.
  4. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan melayani kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, pelatihan, pengembangan ilmu tentang kajian Timur Tengah dan kajian Ke-Islaman yang meliputi bidang: Kajian Politik dan Hubungan Internasional di Timur Tengah, Kajian Ekonomi dan Keuangan Islam, Kajian Islam serta Kajian Islam dan Psikologi.
  5. Memberikan darma bakti kepada masyarakat, bangsa dan negara berupa pengembangan Ilmu Pengetahuan, model pemecahan berbagai masalah terkait dengan isu Timur Tengah dan ke-Islaman.
  6. Berperan aktif dalam pengembangan hubungan Indonesia dengan Timur Tengah dan masyarakat muslim dunia.

PEMINATAN

  1. Politik dan Hubungan Internsaional di Timur Tengah
  2. Kajian Islam
  3. Ekonomi dan Keuangan Syariah
  4. Kajian Islam dan Psikologi

SISTEM PENDIDIKAN

  • Beban studi untuk penyelesaian Program Magister (S2) PSKTTI UI minimal 44 SKS termasuk Tesis.
  • Masa studi program ini adalah 4 – 6 semester.

SEKRETARIAT PROGRAM STUDI KAJIAN TIMUR TENGAH DAN ISLAM

Kampus Universitas Indonesia Salemba
Gedung IASTH, Lantai 4
Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta 10430

Telp   : 021 – 3916376, 3929717
Fax      : 021 – 3905893
WA    : 0878-8646-4213

Email : psktti@ui.ac.id
Email : sekretariatpsttiui@yahoo.com

Kajian Pengembangan Perkotaan

[dropcap style="font-size: 60px; color: #9b9b9b;"]

Pengantar

Indonesia beserta negara-negara di seluruh dunia telah memasuki Era Perkotaan (Urban Age). Berdasarkan data BPS, pada tahun 2008 lebih dari 50 persen penduduk Indonesia tinggal dan menetap di kawasan perkotaan bahkan diperkirakan pada tahun 2045 mencapai 82 persen.

Perkembangan kota-kota di Indonesia dihadapkan dengan tantangan global dengan peningkatan konektivitas kota-kota di dunia ditandai dengan aliran sumberdaya dan informasi yang semakin terbuka dan lintas batas, dan tantangan terdekat  adalah masyarakat ekonomi ASEAN (AEC). Di sisi lain kota-kota di Indonesia juga menghadapi tantangan dari dalam dengan semakin berkembangnya manusia kota dengan tuntutan kualitas hidup yang semakin tinggi dalam kondisi fisik dan sosial Indonesia yang unik.

Perkembangan kota-kota di Indonesia yang menjadi pusat dinamika sosial, ekonomi, politik dan budaya kian perlu dan penting untuk dipahami, diantisipasi dan dirancang agar pertumbuhan tidak mengarah pada hal yang tidak diinginkan dengan pendekatan yang komprehensif dan berkanjutan. Hal ini menjadikannya menjadi  obyek studi yang semakin menarik dan penting dan untuk dipelajari baik oleh dunia usaha, pemerintah dan masyarakat pada umumnya. Dalam kaitan tersebut Kami mengundang putra putri Indonesia untuk bergabung dengan Kajian Pengembangan Perkotaan Program Pascasarjana Universitas Indonesia dalam mengkaji isu perkembangan kota-kota di Indonesia dengan pendekatan intra/transdisiplin ilmu karena jika hanya mengandalkan satu disiplin ilmu dipastikan akan menjadi dangkal dan bahkan menemui jalan buntu.

Akreditasi

Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan sejak tahun 2014 telah memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (Berdasarkan SK BAN PT no 146/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014).

Kurikulum

Kurikulum dirancang untuk diselesaikan oleh mahasiswa dalam kurun waktu 4 semester dengan beban 43 sks.

Mata Kuliah Wajib Fakultas

  • Filsafat Ilmu
  • Penulisan Karya Ilmiah

Mata Kuliah Wajib Prodi

  • Kota dan Perkembangannya di Indonesia
  • Masyarakat dan Kebudayaan Perkotaan
  • Lingkungan Perkotaan
  • Ekonomi Perkotaan
  • Pengembangan Perkotaan di Wilayah Kep.Tropis
  • Metodologi Penelitian Perkotaan
  • Seminar Perkotaan
  • Tesis

 Mata Kuliah Pilihan yang Ditawarkan

  • Metode Perencanaan Perkotaan
  • Manajemen Fasilitas dan Utilitas Kota
  • Pembangunan Permukiman
  • Kesehatan Masyarakat Perkotaan
  • Manajemen Aset Perkotaan
  • Pembiayaan Pembangunan Perkotaan
  • Pengembangan Sistem Transportasi Perkotaan
  • Pembangunan Berbasis Komuniti

Informasi

Gedung  Program Pascasarjana Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta Pusat

KAJIAN PENGEMBANGAN PERKOTAAN
Kampus Universitas Indonesia Salemba
Gedung Sekolah Kajian Stratejik dan Global – Universitas Indonesia, Lantai 4

Email       : kppui@yahoo.com
Website   : pps.ui.ac.id
Telepon    : 021 – 3908264, 3900538, 3929717
Fax          : 021 – 3192 2269

Kajian Wilayah Eropa

[dropcap style="font-size: 60px; color: #9b9b9b;"] P rogram Studi Kajian Eropa menyelenggarakan pendidikan Pascasarjana Strata-2 (S-2) yang menghasilkan lulusan bergelar Magister Sains Kajian Eropa dengan profil :

  • Mampu mengembangkan berbagai pemikiran tentang Eropa secara multidisipliner dan interdisipliner terkait hubungan antarnegara, keamanan, ekonomi, dan kehidupan sosial – budaya baik dalam perspektif nasional (Indonesia) maupun global.
  • Mampu membuat rekomendasi strategis terhadap kebijakan negara-negara Eropa untuk kepentingan Indonesia dengan menjunjung tinggi etika akademik dan integritas keilmuan; serta,
  • Mampu mengembangkan Kajian Eropa berbasis riset, kemanusiaan, inovasi ilmu pengetahuan dan dinamika perubahan dunia.

Prodi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan kemasyarakatan (Societal needs), kebutuhan Dunia Kerja (Workplace needs), kebutuhan professional (Professional needs), Kebutuhan masa depan (Scientific Vision), dan kebutuhan bidang ilmu pengetahuan (Scientific needs).

Prodi menyelenggarakan 6 (enam) Peminatan :
1.Ekonomi Eropa
2.Hubungan Internasional Eropa
3.Hukum Eropa
4.Budaya Eropa
5.Media Eropa
6.Seni Eropa

Catatan :
(Sebuah peminatan akan dibuka jika minimal ada 5 pendaftar untuk peminatan tersebut yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru UI).

Lulusan program studi dapat memberi peran dalam masyarakat dan atau dunia kerja dengan menjadi :

1. Ahli Eropa ( bekerja pada institusi pemerintah dan lembaga-lembaga
Negara/Publik/Swasta lainnya baik Pusat maupun di daerah)

2. Diplomat (bekerja pada Kementrian Luar Negeri RI baik di dalam negeri maupun
di kantor perwakilan RI di Luar Negeri)

3. Konsultan, Negosiator, Mediator, Public/Media Relation;

4. Akademisi, Dosen, Pendidik, dan peneliti dengan kepakaran Kajian Eropa;

5. Produser, Wartawan, Reporter, Media Presenter dengan penguasaan pengetahuan
–  tentang Eropa dan keahlian sesuai dengan standar Media Eropa.

PROGRAM STUDI KAJIAN EROPA

Kampus Universitas Indonesia Salemba
Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta Pusat
Gedung Pascasarjana Universitas Indonesia, Lantai Dasar
Telp    : 021 – 3915685, 3924710 ext 106
Fax    :  021 – 3915685
Email  : pskwe_ui@yahoo.com

Website  : kajianeropa.pps.ui.ac.id