Program Pendidikan Dokter Spesialis FK UI

Program Pendidikan Dokter Spesialis FK UI

  • Program Pendidikan Dokter Spesialis FK UI, membuka penerimaan mahasiswa baru semester genap 2022/2023 dengan jadwal sebagai berikut: KEGIATAN TANGGAL Pendaftaran  12 September – 12 Oktober 2022 Ujian SIMAK UI (TPA & Bahasa Inggris)  6 November 2022 Pengumuman SIMAK UI  9 Desember 2022 jam 16.00 Keterangan: *Pendaftaran hanya online di penerimaan.ui.ac.id. Persyaratan detail pendaftaran dapat dilihat di website tersebut. ** Informasi mengenai ujian MMPI Psikotes dan ujian program studi silahkan menghubungi sekretariat program studi terkait.  

    11 Sep
    11 Sep
  • Ujian SIMAK untuk program pendidikan Vokasi (D3 & D4), S1 Reguler, dan S1 Paralel tahun 2022 akan dilaksanakan pada 2 Juli 2022. Tiap peserta mengikuti ujian  sesuai dengan jadwal / jam yang telah ditentukan dan tertera di kartu ujian masing-masing peserta. Kemampuan Dasar (hanya untuk pilihan prodi IPA) Hari Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 08:00 – 09:00 WIB Zona waktu lain harap menyesuaikan. Subtest Kemampuan Dasar: Matematika Dasar (20 menit) Bahasa Indonesia (20 menit) Bahasa Inggris (20 menit) Kemampuan IPA (untuk pilihan prodi IPA & IPC) Hari Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 09:30 – 11:30 WIB Zona waktu lain harap menyesuaikan Subtest Kemampuan IPA: Matematika IPA (40 menit) Biologi (20 menit) Fisika (30 menit) Kimia (30 menit) Kemampuan Dasar (hanya untuk pilihan prodi IPS & IPC) Hari Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 13:00 – 14:00 WIB Zona waktu lain harap menyesuaikan Subtest Kemampuan Dasar: Matematika Dasar (20 menit) Bahasa Indonesia (20 menit) Bahasa Inggris (20 menit) Kemampuan IPS (untuk pilihan prodi IPS & IPC) Hari Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 14:30 – 15:30 WIB Zona waktu lain harap menyesuaikan Subtest Kemampuan IPS : Ekonomi (15 menit) Sejarah (15 menit) Geografi (15 menit) Sosiologi (15 menit) Perangkat ujian: Laptop dengan kamera; Komputer desktop dengan webcam; Tablet; HP (landscape / horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720 Apilkasi: Firefox atau Chrome versi stable terbaru Browser selain firefox dan chrome atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser. Atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Pelaksanaan Ujian Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui nomor ujian, jadwal ujian, serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian. Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung. Peserta memakai pakaian rapi. Peserta mengakses laman ujian sesuai jadwal ujian yang ditentukan. Log in menggunakan nomor ujian dan identitas yang tertera di kartu ujian. Peserta membaca tata tertib ujian. Peserta menuliskan kode ujian yang ada di halaman ujian pada selembar kertas (disarankan 10 x 20 cm) dan menempelkannya di baju. Kode ujian berbeda dengan nomor ujian. Kode ujian terlihat oleh kamera. Peserta mengklik checkbox pernyataan agar dapat memulai ujian Peserta mengizinkan akses (allow access) kamera pada browser dan memeriksa kesesuaian status rekaman (camera feed) yang muncul di sebelah kiri halaman ujian. Peserta mulai mengerjakan ujian sesuai waktu pelaksaaan ujian. Selama ujian tidak diperkenankan : berbicara dengan orang lain digantikan atau menggantikan orang lain menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di internet, atau dibantu/diwakilkan pihak lain meninggalkan perangkat ujian dan pergi ke tempat lain berpindah dari halaman ujian dan mengakses aplikasi lain menggunakan alat bantu seperti kalkulator hilang dari pantauan kamera mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian. Selama ujian diperkenankan menggunakan kertas coret menyediakan perangkat cadangan menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta atau gangguan teknis lainnya. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apa pun termasuk dengan alasan tidak dapat mengikuti ujian. Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2022 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian. Menu Log in baru dibuka setelahnya (15 menit sebelum ujian). Jika laman tidak berubah, muat ulang laman (refresh). Informasi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengunjungi laman ujian yang tertera di kartu ujian menjelang pelaksanaan ujian. Setidaknya, sempatkan mengunjungi laman ujian pada H-1 untuk memantau jika ada tambahan informasi….

    30 Jun
    30 Jun
  • Tata Alir: Membuat akun di laman penerimaan.ui.ac.id Login dengan akun yang sudah dibuat Melengkapi isian pada menu KIP Kuliah (6 – 24 Juni 2022) Menunggu hasil verifikasi Setelah diverifikasi, peserta dapat melanjutkan pengisian formulir pendaftaran dan memilih program studi pada menu Buat Pendaftaran. Peserta yang lolos verifikasi KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran. Keterangan: Verifikasi tidak dapat dilakukan jika: Peserta salah mengisi data dan salah unggah dokumen. Peserta dapat memperbaiki data dan unggah ulang dokumen selama status KIP Kuliah di akun SIMAK UI belum diverifikasi atau gagal verifikasi. Peserta telah membuat pendaftaran sampai dengan mendapat no.pendaftaran. Batalkan pendaftaran (bukan hapus akun) agar status KIP Kuliah dapat diverifikasi. Peserta telah membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun. Peserta KIP Kuliah hanya dapat memilih jalur S1 Reguler dengan maksimal pilihan 3 program studi. Setelah diterima di Universitas Indonesia pada Program S1 Reguler, calon mashasiswa yang terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagi proses seleksi penerima KIP Kuliah di UI. Berkas kelengkapan tersebut akan diinformasikan pada saat pengumuman hasil seleksi.

    15 Jun
    15 Jun
  • Apa jenis TOEFL atau IELTS yang dapat digunakan untuk mendaftar S1 Kelas Internasional UI? Hal ini seringkali ditanyakan oleh pendaftar Kelas Internasional. Pada saat mendaftar SIMAK Kelas Internasional, peserta harus mengupload sertifikast TOEFL/IELTS yang masih berlaku. Jenis TOEFL yang diakui Universitas Indonesia adalah yang disertifikasi ETS https://www.ets.org/ (PBT/ITP skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS https://ielts.org/ dengan skor minimum 5.5. Beberapa fakultas menerapkan persyaratan skor yang lebiih tinggi, info lebih jelas dapat dilihat di website pendaftaran. Jika ingin menggunakan prediction test maka yang berlaku hanya EPT UI yang dikeluarkan oleh LBI UI. Prediction test atau EPT dari lembaga lain tidak dapat digunakan untuk mendaftar. Anda berkesempatan untuk mengikuti UI’s English Proficiency Test (UI’s EPT) yang diselenggarakan oleh LBI FIB UI sesuai jadwal yang tertera disini. Berikut adalah contoh sertifikat TOEFL, IELTS dan EPT UI yang berlaku untuk pendaftaran S1 Kelas Internasional UI: 1.TOEFL ITP atau Paper Based Test 2. TOEFL iBT   3. IELTS   4. EPT UI issued by LBI UI Belum punya sertifikat TOEFL/IELTS untuk mendaftar S1 Kelas Internasional? ikuti TOEFL ITP online yang diselenggarakan oleh LBI UI. LIhat informasinya di sini.

    02 Jun
    02 Jun
  • Halo, Pejuang UTBK Universitas Indonesia menjadi salah satu tempat pelaksanaan ujian UTBK 2022. Ada dua wilayah ujian UTBK, yaitu di kampus Depok dan kampus Salemba. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ujianmu berjalan dengan lancar: Baca kembali kartu peserta. Perhatikan lokasi dan jadwal ujian. Perhatikan dokumen yang perlu dibawa saat ujian (kartu peserta, kartu identitas, dan ijazah / SKL / surat keterangan kelas 12) Berpakaian rapi dan sopan saat datang ujian. Membawa perbekalan pribadi yang diperlukan seperti makanan, minuman, tissu kering / basah, hand sanitizer, obat pribadi dan perlengkapan ibadah. Hadir di lokasi ujian 1 jam sebelum ujian dimulai. Peserta wajib sudah vaksin COVID-19 minimal 2 dosis. Dipersilahkan membawa bukti cetak sertifikat vaksin. Bagi yang baru 1 dosis, wajib melampirkan hasil Swab Antigen yang berlaku selama (1×24) jam atau tes PCR yang berlaku selama (3×24) jam. Bagi peserta yang belum divaksin sama sekali wajib melampirkan hasil PCR (3×24) jam serta membawa surat keterangan dokter yang menerangkan alasan tidak/belum divaksin. Suhu tubuh < 37,3 Peserta pusat UTBK UI dalam keadaan sehat, tidak mengalami gejala penyakit (khususnya gejala infeksi saluran pernafasan akut seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan bernafas lainnya). Scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki lokasi ujian. Peserta di Pusat UTBK UI harus dalam kategori hijau. Terapkan protokol kesehatan (menggunakan masker medis 3 lapis, mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berkerumun) Pantau informasi seputar UTBK di Universitas Indonesia di laman https://www.ui.ac.id/utbk/ dan media sosial resmi Universitas Indonesia   Selamat berjuang, Pejuang UTBK Sampai bertemu, Pejuang UTBK UI     

    14 May
    14 May
  • Sanggahan: *Jika ada perbedaan tanggal dengan website LTMPT, maka yang berlaku adalah yang tertera di website LTMPT. *Jika ada perbedaan tanggal dengan website penerimaaan, maka yang berlaku adalah yang tertera di website penerimaan.                            

    11 Apr
    11 Apr
  • Yth. Peserta SIMAK UI 2021, Menanggapi informasi terkait kendala teknis pada sistem pelaksanaan ujian SIMAK khususnya durasi waktu untuk subtes Sejarah, maka kami dari panitia akan memberikan perlakuan terhadap kendala teknis tersebut dengan tidak merugikan bagi peserta. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Panitia Ujian Masuk UI 2021.

    20 Jun
    20 Jun
  • Terkait adanya pengunduran jadwal ujian SIMAK (TPA dan Bahasa Inggris) yang seharusnya berlangsung pada Minggu, 21 Maret 2021, berikut jadwal terbarunya: Hari, Tanggal: Rabu, 24 Maret 2021 Peserta sudah bisa mengunduh kartu ujian yang terbaru dalam akun pendaftaran masing-masing. Lokasi ujian / laman ujian serta waktu ujian tertera dalam kartu ujian. Beberapa informasi awal yang perlu diketahui untuk persiapan ujian. Perangkat ujian: Laptop dengan kamera; Komputer desktop dengan webcam; Tablet; HP (landscape / horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720 Aplikasi: Firefox atau Chrome versi stable terbaru Browser selain firefox dan chrome atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser. Atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Pelaksanaan Ujian Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta. Ujian dilaksanakan secara online menggunakan perangkat milik peserta (diutamakan laptop atau komputer desktop dengan webcam, jika tidak tersedia maka dapat menggunakan laptop atau hp yang dilengkapi dengan kamera). Disarankan ada perangkat cadangan. Monitoring ujian akan dilakukan menggunakan kamera pada perangkat. Akan ada peringatan yang muncul terkait perijinan kamera setelah log in. Ujian dilaksanakan serentak menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB). Peserta yang berada di lokasi dengan zona waktu selain WIB agar dapat menyesuaikan dengan WIB. Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui no.ujian serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian. Peserta harus mengerjakan ujian di ruangan tersendiri. Orang lain dilarang berada pada ruang ujian. Peserta dilarang menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di Internet, bertanya pada orang lain, dibantu atau diwakilkan selama mengerjakan ujian. Peserta dilarang mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian. Peserta dilarang menggunakan kalkulator. Pelanggaran akan diberikan sanksi berupa pembatalan hasil seleksi. Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung. Peserta mengenakan pakaian rapih. Peserta menempelkan kertas minimal berukuran 20 x 10 cm berisi kode sesi ujian (muncul di halaman ujian setelah log in) pada baju peserta. Peserta harus terkoneksi Internet selama ujian. Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu maupun ujian susulan bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Peserta login setelah waktu ujian berakhir tidak dapat mengikuti ujian dan tidak ada ujian susulan. Peserta diperkenankan menyediakan perangkat cadangan Peserta dapat menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. Tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru. Peserta wajib mematuhi peraturan ujian. Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2021 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian. *Informasi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengecek laman ujian yang tertera di kartu ujian menjelang pelaksanaan ujian.  

    21 Mar
    21 Mar
  • Sehubungan adanya gangguan pada sistem yang akan digunakan pada ujian SIMAK UI untuk Program Pascasarjana, maka pelaksanaan ujian SIMAK pada tanggal 21 Maret 2021 dan Ujian Khusus FH tanggal 22 Maret 2021 akan ditunda sampai pemberitahuan berikutnya. Informasi terbaru mengenai pelaksanaan ujian akan diumumkan melalui laman penerimaan.ui.ac.id , laman ujian dan email masing-masing peserta.   Beberapa informasi awal yang perlu diketahui untuk persiapan ujian. Perangkat ujian: Laptop dengan kamera; Komputer desktop dengan webcam; Tablet; HP (landscape / horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720   Apilkasi: Firefox atau Chrome versi stable terbaru Browser selain firefox dan chrome atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser. Atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Pelaksanaan Ujian Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta. Ujian dilaksanakan secara online menggunakan perangkat milik peserta (diutamakan laptop atau komputer desktop dengan webcam, jika tidak tersedia maka dapat menggunakan laptop atau hp yang dilengkapi dengan kamera). Disarankan ada perangkat cadangan. Monitoring ujian akan dilakukan menggunakan kamera pada perangkat. Akan ada peringatan yang muncul terkait perijinan kamera setelah log in. Ujian dilaksanakan serentak menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB). Peserta yang berada di lokasi dengan zona waktu selain WIB agar dapat menyesuaikan dengan WIB. Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui no.ujian serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian. Peserta harus mengerjakan ujian di ruangan tersendiri. Orang lain dilarang berada pada ruang ujian. Peserta dilarang menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di Internet, bertanya pada orang lain, dibantu atau diwakilkan selama mengerjakan ujian. Peserta dilarang mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian. Peserta dilarang menggunakan kalkulator. Pelanggaran akan diberikan sanksi berupa pembatalan hasil seleksi. Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung. Peserta mengenakan pakaian rapih. Peserta menempelkan kertas minimal berukuran 20 x 10 cm berisi kode sesi ujian (muncul di halaman ujian setelah log in) pada baju peserta. Peserta harus terkoneksi Internet selama ujian. Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu maupun ujian susulan bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Peserta login setelah waktu ujian berakhir tidak dapat mengikuti ujian dan tidak ada ujian susulan. Peserta diperkenankan menyediakan perangkat cadangan Peserta dapat menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. Tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru. Peserta wajib mematuhi peraturan ujian. Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2021 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian. *Informasi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengecek laman ujian yang tertera di kartu ujian menjelang pelaksanaan ujian.  

    19 Mar
    19 Mar
  • Universitas Indonesia akan menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. Program pendidikan yang ditawarkan bagi lulusan SMA / sederajat yaitu Vokasi ( D3 dan D4), S1 Reguler, S1 Paralel, serta S1 Kelas Internasional. Lulusan D3 tersedia S1 Ekstensi. Sedangkan pada program pascasarjana menawarkan program pendidikan Profesi, S2, S3, dan Spesialis.   Penerimaan bagi lulusan SMA / sederajat Penerimaan S1 Reguler 2021 diperuntukkan bagi lulusan 2021, 2020, dan 2019. Jalur seleksinya meliputi SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI. Penerimaan S1 Kelas Internasional 2021 ditujukan bagi lulusan 2021, 2020, 2019, 2018, dan 2017. Jalur seleksinya meliputi Talent Scouting dan SIMAK UI. Calon peserta wajib melampirkan sertifikat TOEFL / IELTS dalam pendaftarannya. Penerimaan S1 Paralel dan Vokasi (D3 dan D4) tidak mensyaratkan tahun lulus tertentu. Jalur seleksinya meliputi PPKB dan SIMAK UI. SNMPTN, PPKB dan Talent Scouting merupakan jalur seleksi berdasarkan nilai akademik rapor dan melibatkan peran sekolah. Sedangkan SBMPTN & SIMAK UI merupakan jalur ujian tulis. Hal baru pada SIMAK UI 2021 adalah diperlukannya nilai UTBK dalam pendaftaran S1 Reguler. Informasi SNMPTN dan SBMPTN bisa didapat di sini. Sedangkan pendaftaran SIMAK UI dilakukan di sini. Metode atau teknis ujian SIMAK UI akan diinfokan lebih lanjut.   Penerimaan program Pascasarjana dan S1 Ekstensi (lulusan D3) Jalur seleksi bagi program pascasarjana hanya melalui SIMAK UI. Persyaratan administrasi program pendidikan S1 Ekstensi (lulusan D3), Profesi,  dan S2: scan salinan ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi Persyaratan administrasi program pendidikan S3: scan salinan ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi dua surat rekomendasi Persyaratan administrasi program pendidikan Spesialis scan salinan ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi dokumen kelengkapan spesialis (diinfokan dalam laman pendaftaran)   Peserta diharapkan membaca terlebih dulu menu persyaratan prodi dalam laman pendaftaran untuk melihat persyaratan atau kelengkapan lain yang diminta. Menu persyaratan  ini hanya ada saat periode pendaftaran.   Jadwal semua jalur seleksi silahkan lihat di sini.         Informasi terkait: Informasi Sistem Seleksi Masuk PTN Tahun 2021 Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Sekolah di LTMPT          

    19 Jan
    19 Jan
Goto :