Ujian SIMAK Vokasi dan Sarjana 2023

Ujian SIMAK Vokasi dan Sarjana 2023

  • Ujian SIMAK Vokasi dan Sarjana 2023 akan dilaksanakan pada 9 Juli 2023. Tiap peserta mengikuti ujian  sesuai dengan jadwal / jam yang telah ditentukan dan tertera di kartu ujian masing-masing peserta. Kemampuan Dasar (hanya untuk pilihan prodi IPA) Hari MInggu, 9 Juli 2023 pukul 08:00 – 09:00 WIB Zona waktu lain harap menyesuaikan. Subtest Kemampuan Dasar: Matematika Dasar (20 menit) Bahasa Indonesia (20 menit) Bahasa Inggris (20 menit) Kemampuan IPA (untuk pilihan prodi IPA & IPC) Hari MInggu, 9 Juli 2023 pukul 09:30 – 11:30 WIB Zona waktu lain harap menyesuaikan Subtest Kemampuan IPA: Matematika IPA (40 menit) Biologi (20 menit) Fisika (30 menit) Kimia (30 menit) Kemampuan Dasar (hanya untuk pilihan prodi IPS & IPC) Hari Minggu, 9 Juli 2023 pukul 13:00 – 14:00 WIB Zona waktu lain harap menyesuaikan Subtest Kemampuan Dasar: Matematika Dasar (20 menit) Bahasa Indonesia (20 menit) Bahasa Inggris (20 menit) Kemampuan IPS (untuk pilihan prodi IPS & IPC) Hari Minggu, 9 Juli 2022 pukul 14:30 – 15:30 WIB Zona waktu lain harap menyesuaikan Subtest Kemampuan IPS : Ekonomi (15 menit) Sejarah (15 menit) Geografi (15 menit) Sosiologi (15 menit) Perangkat ujian: Laptop dengan kamera atau Komputer desktop dengan webcam atau Tablet atau HP (landscape / horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720 Peserta hanya memerlukan satu perangkat dalam pengerjaan ujian. Hanya saja, tetap disarankan emiliki perangkat cadangan. Apilkasi: Firefox atau Chrome versi stable terbaru Browser selain firefox dan chrome atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser. Atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Pelaksanaan Ujian Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui nomor ujian, jadwal ujian, serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian. Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung. Peserta memakai pakaian rapi. Peserta mengakses laman ujian sesuai jadwal ujian yang ditentukan. Log in menggunakan nomor ujian dan identitas yang tertera di kartu ujian. Peserta membaca tata tertib ujian. Peserta menuliskan kode ujian yang ada di halaman ujian pada selembar kertas (disarankan 10 x 20 cm) dan menempelkannya di baju. Kode ujian berbeda dengan nomor ujian. Kode ujian terlihat oleh kamera. Peserta mengklik checkbox pernyataan agar dapat memulai ujian Peserta mengizinkan akses (allow access) kamera pada browser dan memeriksa kesesuaian status rekaman (camera feed) yang muncul di sebelah kiri halaman ujian. Peserta mulai mengerjakan ujian sesuai waktu pelaksaaan ujian. Selama ujian tidak diperkenankan : berbicara dengan orang lain digantikan atau menggantikan orang lain menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di internet, atau dibantu/diwakilkan pihak lain meninggalkan perangkat ujian dan pergi ke tempat lain berpindah dari halaman ujian dan mengakses aplikasi lain menggunakan alat bantu seperti kalkulator hilang dari pantauan kamera mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian. Selama ujian diperkenankan menggunakan kertas coret menyediakan perangkat cadangan menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta atau gangguan teknis lainnya. Setiap jawaban yang salah akan mengakibatkan pengurangan nilai (benar +4, kosong 0, salah −1). Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apa pun termasuk dengan alasan tidak dapat mengikuti ujian. Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2023 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian. Menu Log in baru dibuka setelahnya (15 menit sebelum ujian). Jika laman tidak berubah, muat ulang laman (refresh). Informasi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengunjungi laman…

    06 Jul
    06 Jul
  • Tata Alir: Membuat akun di laman penerimaan.ui.ac.id Login dengan akun yang sudah dibuat Melengkapi isian pada menu KIP Kuliah (21 – 30 Juni 2023) Menunggu hasil verifikasi di menu KIP Kuliah Setelah diverifikasi, peserta dapat melanjutkan pengisian formulir pendaftaran dan memilih program studi pada menu Buat Pendaftaran. Lakukan tahapan pendaftaran hingga verifikasi (di bawah nomor pendaftaran) Peserta dengan KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran. Unduh kartu ujian dan mengikuti ujian SIMAK (online) sesuai jadwal Keterangan: Verifikasi KIP Kuliah tidak dapat dilakukan jika: Peserta salah mengisi data dan salah unggah dokumen. Peserta dapat memperbaiki data dan unggah ulang dokumen selama status KIP Kuliah di akun SIMAK UI belum diverifikasi atau gagal verifikasi. Peserta telah membuat pendaftaran sampai dengan mendapat no.pendaftaran. Batalkan pendaftaran (bukan hapus akun) agar status KIP Kuliah dapat diverifikasi. Peserta telah membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun. Peserta KIP Kuliah hanya dapat memilih prodi di S1 Reguler. Setelah diterima di Universitas Indonesia pada S1 Reguler, calon mashasiswa yang terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagi proses seleksi penerima KIP Kuliah di UI. Berkas kelengkapan tersebut akan diinformasikan setelah pengumuman hasil seleksi.

    20 Jun
    20 Jun
  • Salah satu jalur seleksi mandiri yang ada adalah PPKB. Jalur seleksi PPKB merupakan jalur seleksi yang mempertimbangkan nilai rapor serta indeks sekolah dalam proses seleksinya. Dua program pendidikan yang ditawarkan dalam PPKB, yaitu Sarjana (S1) dan Vokasi. Program pendidikan Vokasi menawarkan jenjang Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan (D4).   Dalam pendaftaran PPKB terdapat tiga jenis formulir yang ditawarkan, yaitu Sarjana jalur reguler (S1 Reguler), Sarjana jalur non reguler (S1 Non reguler) dan Vokasi (D3 dan D4). Peserta hanya bisa memilih maksimal 1 pilihan prodi dalam pendaftarannya.    Calon mahasiswa baru jenjang Sarjana yang diterima melalui PPKB dari jalur reguler maupun non reguler  akan mendapatkan fasilitas dan kurikulum serta gelar jenjang kesarjanaan Strata 1 yang sama sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh. Pembeda antara jalur reguler dan non reguler dalam PPKB adalah terkait pembiayaan biaya pendidikan. Bagi calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur reguler, maka pembiayaan biaya pendidikannya dengan sistem UKT (ukt.ui.ac.id). Di sisi lain, calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur non reguler, besar biaya pendidikannya mengikuti SK Rektor terkait biaya pendidikan (meliputi UKT per semester dan IPI di semester 1). Sedangkan bagi jenjang Vokasi, besar biaya pendidikannya juga mengikuti SK Rektor terkait biaya pendidikan (meliputi UKT per semester dan IPI di semester 1)   Persyaratan umum: Peserta berasal dari sekolah-sekolah yang mendapat undangan PPKB dari Universitas Indonesia; Peserta adalah siswa kelas XII atau kelas 3 SMA/MA/SMK sederajat yang akan dinyatakan lulus pada tahun 2023;  Setelah pengumuman hasil seleksi, peserta wajib mengikuti verifikasi rapor dan bisa menunjukkan dokumen kelulusan (Surat Keterangan Lulus / Ijazah).   Persyaratan Khusus: Peserta adalah siswa dengan peringkat 50% terbaik di sekolah setiap semester; Peserta direkomendasikan pihak sekolah untuk mendaftar di jalur PPKB; Kepala Sekolah membuat pendaftaran siswa pada http://penerimaan.ui.ac.id/ppkb dilanjutkan dengan siswa melengkapi pendaftaran pada website tersebut; Pada program studi bertanda (*) tidak diperkenankan peserta buta warna dan harus memiliki fisik yang sehat agar tidak mengganggu kegiatan proses belajar mengajar; Pilihan program studi terbatas menyesuaikan dengan latar belakang jurusan, yakni:  Peserta dari jurusan IPA dapat memilih program studi dari semua rumpun dan Vokasi; Peserta dari jurusan IPS dapat memilih program studi dari rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Vokasi kelompok IPS; Peserta dari jurusan Bahasa hanya dapat memilih program studi rumpun Humaniora. Peserta dari Sekolah Kejuruan (SMK) hanya dapat memilih program Vokasi sesuai dengan kejuruan masing-masing. Periode pendaftaran: 22 Mei 2023 – 22 Juni 2023 Biaya pendaftaran : Rp 850.000,00   Tahapan pendaftaran: Kepala sekolah mengisi data sekolah di laman PPKB Kepala sekolah mendaftarkan siswa. Mengisi data siswa dan nilai siswa.  Kepala sekolah mengunduh data akun siswa (username dan password) Siswa log in dengan data akun siswa dari sekolah Siswa unggah foto pendaftar terbaru dan berwarna.  Siswa melengkapi formulir pendaftaran.  Siswa memverifikasi nilai. Pastikan nilai sudah sesuai. Ketidaksesuaian nilai bisa berakibat pada pembatalan.  Siswa unggah dokumen pendaftaran: Hasil scan rapor : halaman data diri, halaman kelas 10,11 dan 12 yang telah dilegalisasi (semester 1-5); Hasil scan surat pernyatan (essay) yang ditulis tangan berisi penjelasan motivasi dan mengapa memilih program studi yang dituju; Hasil scan bukti prestasi akademik (jika ada); Semua dokumen yang diperlukan di-scan dan digabung menjadi satu file dokumen dalam format PDF dengan ukuran maksimum file yang akan di-upload adalah 10 MB. Siswa melakukan pembayaran.    Hasil seleksi: 3 Juli 2023 jam 16.00 Hasil seleksi bisa dilihat di akun siswa dan Kepala Sekolah.    Sekolah yang belum terdaftar di laman pendaftaran PPKB tetapi ingin mengikuti PPKB bisa membuat pengajuan ke surel ppkb@ui.ac.id selambatnya 16 Juni 2023 jam 16.00 dengan mengirimkan dokumen berisi: Surat pengajuan resmi dari sekolah; Profil singkat sekolah; Scan sertifikat akreditasi sekolah; Daftar alumni 2020-2022 yang melanjutkan ke Universitas Indonesia…

    29 May
    29 May
  • Sanggahan saja: *Jika ada perbedaan tanggal dengan website SNPMB, maka yang berlaku adalah yang tertera di website SNPMB. *Jika ada perbedaan tanggal dengan website penerimaaan, maka yang berlaku adalah yang tertera di website penerimaan. *Pendaftaran SIMAK UI di sini.                        

    08 May
    08 May
  • Program Pendidikan Dokter Spesialis FK UI, membuka penerimaan mahasiswa baru semester genap 2022/2023 dengan jadwal sebagai berikut: KEGIATAN TANGGAL Pendaftaran  12 September – 12 Oktober 2022 Ujian SIMAK UI (TPA & Bahasa Inggris)  6 November 2022 Pengumuman SIMAK UI  9 Desember 2022 jam 16.00 Keterangan: *Pendaftaran hanya online di penerimaan.ui.ac.id. Persyaratan detail pendaftaran dapat dilihat di website tersebut. ** Informasi mengenai ujian MMPI Psikotes dan ujian program studi silahkan menghubungi sekretariat program studi terkait.  

    11 Sep
    11 Sep
  • Apa jenis TOEFL atau IELTS yang dapat digunakan untuk mendaftar S1 Kelas Internasional UI? Hal ini seringkali ditanyakan oleh pendaftar Kelas Internasional. Pada saat mendaftar SIMAK Kelas Internasional, peserta harus mengupload sertifikast TOEFL/IELTS yang masih berlaku. Jenis TOEFL yang diakui Universitas Indonesia adalah yang disertifikasi ETS https://www.ets.org/ (PBT/ITP skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS https://ielts.org/ dengan skor minimum 5.5. Beberapa fakultas menerapkan persyaratan skor yang lebiih tinggi, info lebih jelas dapat dilihat di website pendaftaran. Jika ingin menggunakan prediction test maka yang berlaku hanya EPT UI yang dikeluarkan oleh LBI UI. Prediction test atau EPT dari lembaga lain tidak dapat digunakan untuk mendaftar. Anda berkesempatan untuk mengikuti UI’s English Proficiency Test (UI’s EPT) yang diselenggarakan oleh LBI FIB UI sesuai jadwal yang tertera disini. Berikut adalah contoh sertifikat TOEFL, IELTS dan EPT UI yang berlaku untuk pendaftaran S1 Kelas Internasional UI: 1.TOEFL ITP atau Paper Based Test 2. TOEFL iBT   3. IELTS   4. EPT UI issued by LBI UI Belum punya sertifikat TOEFL/IELTS untuk mendaftar S1 Kelas Internasional? ikuti TOEFL ITP online yang diselenggarakan oleh LBI UI. LIhat informasinya di sini.

    02 Jun
    02 Jun
  • Halo, Pejuang UTBK Universitas Indonesia menjadi salah satu tempat pelaksanaan ujian UTBK 2022. Ada dua wilayah ujian UTBK, yaitu di kampus Depok dan kampus Salemba. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ujianmu berjalan dengan lancar: Baca kembali kartu peserta. Perhatikan lokasi dan jadwal ujian. Perhatikan dokumen yang perlu dibawa saat ujian (kartu peserta, kartu identitas, dan ijazah / SKL / surat keterangan kelas 12) Berpakaian rapi dan sopan saat datang ujian. Membawa perbekalan pribadi yang diperlukan seperti makanan, minuman, tissu kering / basah, hand sanitizer, obat pribadi dan perlengkapan ibadah. Hadir di lokasi ujian 1 jam sebelum ujian dimulai. Peserta wajib sudah vaksin COVID-19 minimal 2 dosis. Dipersilahkan membawa bukti cetak sertifikat vaksin. Bagi yang baru 1 dosis, wajib melampirkan hasil Swab Antigen yang berlaku selama (1×24) jam atau tes PCR yang berlaku selama (3×24) jam. Bagi peserta yang belum divaksin sama sekali wajib melampirkan hasil PCR (3×24) jam serta membawa surat keterangan dokter yang menerangkan alasan tidak/belum divaksin. Suhu tubuh < 37,3 Peserta pusat UTBK UI dalam keadaan sehat, tidak mengalami gejala penyakit (khususnya gejala infeksi saluran pernafasan akut seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan bernafas lainnya). Scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki lokasi ujian. Peserta di Pusat UTBK UI harus dalam kategori hijau. Terapkan protokol kesehatan (menggunakan masker medis 3 lapis, mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berkerumun) Pantau informasi seputar UTBK di Universitas Indonesia di laman https://www.ui.ac.id/utbk/ dan media sosial resmi Universitas Indonesia   Selamat berjuang, Pejuang UTBK Sampai bertemu, Pejuang UTBK UI     

    14 May
    14 May
  • Yth. Peserta SIMAK UI 2021, Menanggapi informasi terkait kendala teknis pada sistem pelaksanaan ujian SIMAK khususnya durasi waktu untuk subtes Sejarah, maka kami dari panitia akan memberikan perlakuan terhadap kendala teknis tersebut dengan tidak merugikan bagi peserta. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Panitia Ujian Masuk UI 2021.

    20 Jun
    20 Jun
  • Terkait adanya pengunduran jadwal ujian SIMAK (TPA dan Bahasa Inggris) yang seharusnya berlangsung pada Minggu, 21 Maret 2021, berikut jadwal terbarunya: Hari, Tanggal: Rabu, 24 Maret 2021 Peserta sudah bisa mengunduh kartu ujian yang terbaru dalam akun pendaftaran masing-masing. Lokasi ujian / laman ujian serta waktu ujian tertera dalam kartu ujian. Beberapa informasi awal yang perlu diketahui untuk persiapan ujian. Perangkat ujian: Laptop dengan kamera; Komputer desktop dengan webcam; Tablet; HP (landscape / horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720 Aplikasi: Firefox atau Chrome versi stable terbaru Browser selain firefox dan chrome atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser. Atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Pelaksanaan Ujian Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta. Ujian dilaksanakan secara online menggunakan perangkat milik peserta (diutamakan laptop atau komputer desktop dengan webcam, jika tidak tersedia maka dapat menggunakan laptop atau hp yang dilengkapi dengan kamera). Disarankan ada perangkat cadangan. Monitoring ujian akan dilakukan menggunakan kamera pada perangkat. Akan ada peringatan yang muncul terkait perijinan kamera setelah log in. Ujian dilaksanakan serentak menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB). Peserta yang berada di lokasi dengan zona waktu selain WIB agar dapat menyesuaikan dengan WIB. Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui no.ujian serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian. Peserta harus mengerjakan ujian di ruangan tersendiri. Orang lain dilarang berada pada ruang ujian. Peserta dilarang menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di Internet, bertanya pada orang lain, dibantu atau diwakilkan selama mengerjakan ujian. Peserta dilarang mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian. Peserta dilarang menggunakan kalkulator. Pelanggaran akan diberikan sanksi berupa pembatalan hasil seleksi. Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung. Peserta mengenakan pakaian rapih. Peserta menempelkan kertas minimal berukuran 20 x 10 cm berisi kode sesi ujian (muncul di halaman ujian setelah log in) pada baju peserta. Peserta harus terkoneksi Internet selama ujian. Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu maupun ujian susulan bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Peserta login setelah waktu ujian berakhir tidak dapat mengikuti ujian dan tidak ada ujian susulan. Peserta diperkenankan menyediakan perangkat cadangan Peserta dapat menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. Tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru. Peserta wajib mematuhi peraturan ujian. Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2021 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian. *Informasi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengecek laman ujian yang tertera di kartu ujian menjelang pelaksanaan ujian.  

    21 Mar
    21 Mar
  • Sehubungan adanya gangguan pada sistem yang akan digunakan pada ujian SIMAK UI untuk Program Pascasarjana, maka pelaksanaan ujian SIMAK pada tanggal 21 Maret 2021 dan Ujian Khusus FH tanggal 22 Maret 2021 akan ditunda sampai pemberitahuan berikutnya. Informasi terbaru mengenai pelaksanaan ujian akan diumumkan melalui laman penerimaan.ui.ac.id , laman ujian dan email masing-masing peserta.   Beberapa informasi awal yang perlu diketahui untuk persiapan ujian. Perangkat ujian: Laptop dengan kamera; Komputer desktop dengan webcam; Tablet; HP (landscape / horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720   Apilkasi: Firefox atau Chrome versi stable terbaru Browser selain firefox dan chrome atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser. Atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Pelaksanaan Ujian Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta. Ujian dilaksanakan secara online menggunakan perangkat milik peserta (diutamakan laptop atau komputer desktop dengan webcam, jika tidak tersedia maka dapat menggunakan laptop atau hp yang dilengkapi dengan kamera). Disarankan ada perangkat cadangan. Monitoring ujian akan dilakukan menggunakan kamera pada perangkat. Akan ada peringatan yang muncul terkait perijinan kamera setelah log in. Ujian dilaksanakan serentak menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB). Peserta yang berada di lokasi dengan zona waktu selain WIB agar dapat menyesuaikan dengan WIB. Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui no.ujian serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian. Peserta harus mengerjakan ujian di ruangan tersendiri. Orang lain dilarang berada pada ruang ujian. Peserta dilarang menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di Internet, bertanya pada orang lain, dibantu atau diwakilkan selama mengerjakan ujian. Peserta dilarang mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian. Peserta dilarang menggunakan kalkulator. Pelanggaran akan diberikan sanksi berupa pembatalan hasil seleksi. Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung. Peserta mengenakan pakaian rapih. Peserta menempelkan kertas minimal berukuran 20 x 10 cm berisi kode sesi ujian (muncul di halaman ujian setelah log in) pada baju peserta. Peserta harus terkoneksi Internet selama ujian. Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu maupun ujian susulan bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Peserta login setelah waktu ujian berakhir tidak dapat mengikuti ujian dan tidak ada ujian susulan. Peserta diperkenankan menyediakan perangkat cadangan Peserta dapat menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. Tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru. Peserta wajib mematuhi peraturan ujian. Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2021 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian. *Informasi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengecek laman ujian yang tertera di kartu ujian menjelang pelaksanaan ujian.  

    19 Mar
    19 Mar
Goto :