Tentang Simak

Tentang Simak

S imak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Bagi siswa/i yang berasal SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat yang sudah memiliki ijasah Paket C atau mendapatkan sertifikasi A Level, IB Diploma atau sudah mendapatkan surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional dapat mengikuti SIMAK UI tanpa harus mengikuti UN (Ujian Nasional).

Apakah SIMAK UI adalah jalur mandiri?

SIMAK UI adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor.

Berapa biaya kuliah yang harus dibayar jika diterima melalui SIMAK UI?

Biaya pendidikan ditetapkan berdasar program pendidikan, bukan berdasar jalur masuk. Perbedaan biaya pendidikan antar program pendidikan secara umum adalah, biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal sedangkan Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional dibebankan uang pangkal pada saat pertama kali diterima. Mengingat belum ada biaya pendidikan 2017 yang dapat ditampilkan, sementara ini dapat melihat biaya pendidikan tahun sebelumnya disini.

Bagaimana cara mendaftar SIMAK UI?

Silakan ikuti panduan pendaftaran yang tertera di web http://penerimaan.ui.ac.id

Bagaimana ketentuan foto pendaftaran?

  1. Foto terbaru. Misalnya, jika saat ini anda berjilbab, maka foto yang diupload adalah foto berjilbab dan saat ujian nanti juga berjilbab
  2. Foto berwarna
  3. Ukuran minimal 400 x 600 pixel
  4. Foto hanya menampakkan wajah sampai bahu (pasphoto) dengan menghadap ke depan

Foto yang diupload otomatis crop tampak wajah 80%, untuk mengidentifikasi kesesuaian peserta ujian dengan data pendaftaran peserta.

Program Studi apa saja yang dibuka dan berapa daya tampungnya?

Informasinya dapat dilihat di http://penerimaan.ui.ac.id pada masa pendaftaran atau lihat daya tampung Vokasi (D3)S1 ParalelS1 Kelas Internasional dengan mengklik tulisan berwarna biru tersebut.

Apa saja persyaratan pendaftaran SIMAK UI?

Mengingat persyaratan pendaftaran tiap periode dapat berubah sesuai dengan kebutuhan prodi, maka persyaratan pendaftaran dapat dilihat di http://penerimaan.ui.ac.id hanya pada masa pendaftaran.

Apa saja dokumen pendaftaran SIMAK UI?

  • SIMAK UI Profesi, Spesialis, S2, S3, S1 Ekstensi lulusan D3
    • Salinan/copy ijasah yang telah dilegalisasi
    • Salinan/copy transkrip nilai yang telah dilegalisasi
      • Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib memiliki surat penyetaraan ijasah dari Dikti
      • Untuk peserta yang mencantumkan nilai TPA / TOEFL, wajib memiliki sertifikat TPA / TOEFL
  • SIMAK UI S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi
    • Tidak ada dokumen pendaftaran
  • SIMAK UI S1 Kelas Internasional
    • Sertifikast TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah yang disertifikasi ETS (PBT skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5.

Apa bedanya Vokasi, S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dan S1 Ekstensi?

Vokasi (D3) adalah program pendidikan jenjang diploma yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Lulusan Vokasi (D3) akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md). Jalur masuk Vokasi melalui SIMAK UI.

S1 Reguler adalah program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijasah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran. Contohnya: pendaftaran 2017 untuk lulusan 2017, 2016, 2015. Lulusan S1 Reguler akan mendapat gelar jenjang Kesarjanaan Strata 1 sesuai bidang ilmu yang ditempuh. Jalur masuk S1 Reguler melalui SBMPTN dan SNMPTN. Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler SBMPTN = S1 Reguler SNMPTN. Penjelasan biaya pendidikan S1 Reguler dapat dilihat disini.

S1 Paralel memiliki dua jenis kelas:

  • S1 paralel untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini hanya melalui SIMAK UI.
  • S1 Paralel untuk lulusan D3, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan D3 tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-Ekstensi.

S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) adalah program pendidikan yang sama dengan program pendidikan reguler, yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia atas dasar adanya kerjasama antara Universitas Indonesia dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan telah memperoleh akreditasi di negaranya. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-KKI dengan materi ujian Social Sciences atau Natural Sciences sesuai dengan klompok program studi yang dipilih.

  • Gelar Tunggal, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberikan kempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan atau pengalaman magang di universitas mitra di luar negeri selama 1 sampai 2 semester. Hal tersebut disesuaikan dengan kurikulum masing-masing program studi. Mahasiswa hanya akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI.
  • Gelar Ganda, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberi kesempatan mahasiswa untuk menempuh studi di UI dan di Universitas Mitra UI dalam suatu masa studi jenjang kesarjanaan. Mahasiswa akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI dan dari Universitas Mitra UI sekaligus.

S1 Ekstensi adalah program pendidikan jenjang sarjana untuk lulusan D3 dari berbagai Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT. Jalur masuk S1 Ekstensi melalui SIMAK-Ekstensi. Materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

Fakultas dan Program Studi yang membuka program ekstensi antara lain:

  • Fakultas Kesehatan Masyarakat, program studi: Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Ilmu Keperawatan, program studi: Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Ekonomi, program studi: Ilmu Manajemen, Ilmu Akuntansi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, program studi: Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Administrasi Fiskal
  • Fakultas Teknik, program studi: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Teknik Industri
  • Fakultas Ilmu Komputer, program studi: Sistem Informasi

Berapakah biaya pendaftaran SIMAK? dan Berapa program studi yang dapat dipilih?

  • SIMAK UI S3 dan Spesialis sebesar Rp.1.000.000. Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S2 dan Profesi sebesar Rp.750.000 (kecuali Magister Profesi Psikologi dan Magister Ilmu Keperawatan Rp.1.000.000). Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S1 Ekstensi sebesar Rp.500.000. Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S1 Paralel/Vokasi sebesar Rp.350.000 untuk 2 pilihan pertama. .
    • Jika hanya memilih 1 prodi tetap membayar Rp.350.000
    • Setiap tambah prodi/jurusan selanjutnya dikenakan tambahan Rp. 50.000/prodi.
    • Memilih prodi kelompok IPA dan kelompok IPS sekaligus (IPC) dikenakan tambahan Rp. 50.000.
    • Ketentuan pemilihan prodi yakni S1 Paralel maksimal 3 pilihan dan Vokasi maksimal 3 pilihan. Total maksimal pilihan adalah 6 program studi. Jadi dalam satu formulir, pendaftar dapat memilih beberapa prodi dari program pendidikan yang berbeda sekaligus. Prodi yang dipilih dapat berupa kelompok IPA seluruhnya, atau prodi kelompok IPS seluruhnya, atau terdiri dari beberapa prodi kelompok IPA dan prodi kelompok IPS sekaligus (biasa dikenal kelompok IPC).
  • SIMAK UI S1 Kelas Internasional sebesar Rp. 1.200.000 untuk 1 pilihan.
    • Pendaftar S1 Kelas Internasional hanya dapat memilih 1 program studi.
    • Jika peserta mendaftar S1 Paralel/Vokasi sekaligus mendaftar S1 Kelas Internasional, maka dalam 1 account peserta membuat 2 pendaftaran dan mendapat 2 nomer pendaftaran. Biaya pendaftaran dibayarkan ke masing-masing no.pendaftaran (sistem host to host). Panduan cara bayar dapat dilihat disini.

Ilustrasi:

A. Memilih 6 prodi yang terdiri dari berbagai program pendidikan

Keterangan Program Pendidikan Prodi (Jurusan) Kelompok Ujian Biaya pendaftaran
Pilihan 1 S1 Paralel Akuntansi IPS  Rp.350.000
Pilihan 2 S1 Paralel Administrasi Fiskal IPS
Pilihan 3 S1 Paralel Bahasa dan Kebudayaan Korea IPS + Rp.50.000
Pilihan 4 Vokasi Akuntansi IPS + Rp.50.000
Pilihan 5 Vokasi Administrasi Keuangan dan Perbankan IPS + Rp.50.000
Pilihan 6 Vokasi Administrasi Asuransi dan Aktuaria IPS + Rp.50.000
TOTAL  Rp.550.000

B. Memilih beberapa prodi dari kelompok IPA dan IPS sekaligus

Keterangan Program Pendidikan Prodi (Jurusan) Kelompok Ujian Biaya Pendaftaran
Pilihan 1 S1 Paralel Akuntansi IPS  Rp.350.000
Pilihan 2 S1 Paralel Sistem Informasi IPA
Terdeteksi memilih prodi kelompok ujian IPA dan IPS sekaligus (IPC) + Rp.50.000
TOTAL  Rp.400.000

C. Memilih hanya 1 prodi

Keterangan Program Pendidikan Prodi (Jurusan) Kelompok Ujian Biaya Pendaftaran
Pilihan 1 S1 Paralel Akuntansi IPS  Rp.350.000
TOTAL  Rp.350.000

D. Mendaftar SIMAK S1 Paralel / Vokasi (D3) dan SIMAK S1 Kelas Internasional

Keterangan Program Pendidikan Prodi (Jurusan) Kelompok Ujian Biaya Pendaftaran
Pilihan 1 S1 Paralel Akuntansi IPS  Rp.350.000
Pilihan 2 Vokasi Akuntansi IPS
TOTAL  Rp.350.000
Keterangan Program Pendidikan Prodi (Jurusan) Kelompok Ujian Biaya Pendaftaran
Pilihan 1 S1 Kelas Internasional Akuntansi IPS  Rp.1.200.000
TOTAL  Rp.1.200.000

Bagaimana cara mendapatkan no.pendaftaran untuk melakukan pembayaran?

Nomer pendaftaran muncul di akun setelah anda selesai membuat pendaftaran

Anda juga dapat mendownload lembar pendaftaran yang berisi data pendaftaran dengan mengklik . Periksa kembali isian data pendaftaran anda sebelum membayar pendaftaran, karena setelah membayar data pendaftaran tidak dapat diubah.

Lembar pendaftaran hanya untuk disimpan oleh pendaftar. Dapat juga digunakan sebagai bukti pendaftaran untuk ditunjukkan kepada teller bank saat membayar biaya pendaftaran.

Saya telah verifikasi, apakah data saya masih bisa diubah?

Ya.

Anda harus membatalkan pendaftaran yang telah diverifikasi, kemudian membuat pendaftaran baru pada akun yang sama. Dengan membatalkan pendaftaran berarti menghapus data dan no.pendaftaran. Setelah membuat pendaftaran baru, anda akan mendapat no.pendaftaran baru yang dapat digunakan sebagai tujuan pembayaran.

Saya telah membayar, apakah data saya masih bisa diubah?

Tidak. Setelah membayar data tidak dapat diubah.

Pada saat mendaftar, pendaftar telah memiliki kesempatan memperbaiki data. Dan saat pendaftaran, peserta telah menyetujui konfirmasi pengisian data

serta telah melakukan verifikasi.

Materi ujian SIMAK UI mencakup apa saja?

Materi Ujian SIMAK UI S1 Paralel dan Vokasi (D3) terdiri dari:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi

Pilih Prodi IPA maka materi ujiannya mencakup : KD dan KA Pilih Prodi IPS maka materi ujiannya mencakup : KD dan KS Pilih Prodi IPA dan IPS sekaligus (IPC) maka materi ujiannya mencakup : KD dan KA dan KS Materi Ujian SIMAK S1 Kelas International terdiri dari:

Pilih Prodi IPA maka materi ujiannya mencakup : Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry

Pilih Prodi IPS maka materi ujiannya mencakup : Basic Mathematics, Economy, Sociology, Indonesia and The World A, Indonesia and The World B

Materi Ujian SIMAK S1 Ekstensi, Profesi, Spesialis, S2, S3

  • Tes Pengukuran Kemampuan Akademik (biasa dikenal dengan TPA)
  • Bahasa Inggris

Untuk mempelajari soal-soal SIMAK UI tahun lalu dapat di download disini

Dimana lokasi ujian SIMAK UI?

  • Vokasi/S1 Paralel : Jakarta Pusat/Timur/Selatan, Depok (bukan di kampus UI Depok), Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Padang, Palembang.
  • S1 Kelas Internasional : Kampus UI Depok
  • S1 Ekstensi : Kampus UI Depok
  • Profesi, S2, S3 : Kampus UI Depok, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Padang, Palembang.
  • Spesialis : Kampus UI Depok

Alamat lengkap kota lokasi ujian tertera di kartu ujian yang dapat diunduh mulai 25 April 2017 di account masing-masing peserta. Lokasi ujian sesuai dengan pilihan kota lokasi ujian yang dipilih saat mendaftar.

Cek kembali pilihan lokasi ujian yang anda pilih sebelum membayar. Setelah pembayaran data tidak dapat diubah. contoh kartu ujian

Apakah kampus UI Depok dijadikan lokasi ujian SIMAK?

Kampus UI Depok hanya untuk lokasi ujian jenjang Pascasarjana (S2, S3, Profesi, Spesialis) dan untuk lokasi ujian program pendidikan S1 Kelas Internasional dan S1 Ekstensi.

Bagi lulusan SMA/Sederajat yang memilih program pendidikan Vokasi (D3), S1 Paralel lokasi ujian di sekolah-sekolah yang telah ditentukan (bukan di Kampus UI Depok). Alamat lengkap kota lokasi ujian tertera di kartu ujian yang dapat diunduh mulai 25 April 2017 di account masing-masing peserta. Lokasi ujian sesuai dengan pilihan kota lokasi ujian yang dipilih saat mendaftar.

Jenis TOEFL atau IELTS yang dapat digunakan untuk mendaftar SIMAK UI Kelas Internasional?

Pada saat mendaftar SIMAK Kelas Internasional, peserta harus mengupload sertifikast TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah yang disertifikasi ETS (PBT skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5.

Jika belum memiliki TOEFL atau IELTS dapat menggunakan TOEFL Prediction. Prediction TOEFL yang berlaku hanya yang dikeluarkan oleh LBI UI. Prediction TOEFL dari lembaga lain tidak dapat digunakan untuk mendaftar.

contoh:

Apakah peserta Bidik Misi dapat mengikuti SIMAK UI?

Peserta Bidik Misi tidak dapat mendaftar di SIMAK UI 2017 karena tidak ada pilihan S1 Reguler dalam SIMAK UI untuk peserta Bidikmisi.