1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Teknik Mesin

Departemen Teknik Mesin menyelenggarakan perkuliahan untuk program pendidikan S1 Reguler dengan dua program studi: Teknik Mesin dan Teknik Perkapalan. Pada tahun 2008, bersama Departemen Teknik Sipil, Departemen Teknik Mesin memperoleh akreditasi internasional dari AUN (Asean University Network) dan menjadi Program Studi yang pertama di UI dan di Indonesia yang memeperoleh akreditasi Internasional. SejakĀ  Agustus 2007, Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia untuk program Studi Teknik Mesin S1 telah berhasil memperoleh sertifikasi internasional dalam Manajemen Mutu ISO 9001:2000 sebagai wujud komitmen dalam pengelolaan manajemen yang berkualitas demi kualitas akademik yang baik dan kepuasan stakeholder. Sementara di Indonesia sendiri, Departemen Teknik Mesin memperoleh akreditasi A dari BAN-PT.

Untuk mendukung pendidikan dan penelitian yang baik dan bermutu, Departemen Teknik Mesin dilengkapi dengan instrumen (peralatan) baik hardware dan software yang lengkap yang terbagi ke dalam beberapa Laboratorium. Penelitian yang dilakukan di Departemen Teknik Mesin merupakan penelitian yang memiliki nilai keterkinian. Penelitian tersebut dilakukan dengan berbagai sumber dana penelitian nasional maupun internasional, melalui kerjasama industri maupun dengan perguruan tinggi internasional lainnya.

Lulusan Program Studi Teknik Mesin telah berkarya di berbagai bidang antara lain industri otomotif, minyak bumi dan gas, pembangkit, konstruksi, institusi pendidikan, dan lain-lain. Kurikulum pendidikan yang dikembangkan dan dipakai merupakan kurikulum yang berbasis pembelajaran aktif, penelitian, dan mengikuti perkembangan keilmuan.

Mahasiswa DTM ikut dalam berbagai kompetisi nasional antara lain : Water Rocket Contest, SAMPAN 2010, dan lain-lain. Untuk National Water Rocket Contest 2009 berhasil meraih Juara II, yang diadakan di Kampus Universitas Brawijaya, Jawa Timur, dan meraih Juara untuk Katagori Best Design pada lomba SAMPAN 2010 yang diadakan di ITS-Surabaya. Sejak tahun 2010, para mahasiswa DTM yang tergabung dalam tim SEM (Shell Eco Marathon) selalu turut berpartisipasi dalam kompetisi Shell Eco Marathon Asia di Sirkuit Sepang Malaysia dan telah memenangkan beberapa penghargaan seperti 1st Runner Up Combustion Urban Concept SEM ASIA 2010.