Sistem Informasi (Ekstensi/Paralel Lulusan D3)

Sistem Informasi (Ekstensi/Paralel Lulusan D3)

Pemerintah Indonesia telah menempatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai elemen penting dalam pembangunan nasional. Peningkatan pemanfaatan TIK serta percepatan perkembangan industri TIK di dalam negeri diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan kinerja sektor publik, sektor bisnis, serta mutu dan relevansi sumber daya manusia di Indonesia.

Situasi yang ada menunjukkan bahwa jumlah lulusan program Diploma di bidang TIK yang telah bekerja di berbagai sektor ternyata cukup besar, dan mereka membutuhkan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi khususnya di bidang Sistem Informasi. Oleh karena itu, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) terdorong untuk ikut berperan dengan membuka Program Sarjana Ekstensi Sistem Informasi (mulai tahun akademik 2007/2008).

Persyaratan Umum

Persyaratan umum (eligibility) bagi calon mahasiswa program ini adalah minimal mereka telah menyelesaikan Program D3 bidang Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Komputer Akuntansi atau program lain yang relevan, dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan umum program studi ekstensi akan diseleksi melalui ujian tertulis yang terdiri dari:

Tes Potensi Akademik (TPA)
Bahasa Inggris
Waktu dan Tempat Perkuliahan

Perkuliahan program ini dilangsungkan di Kampus Fasilkom UI Depok, Senin sampai dengan Jumat, pada malam hari pukul 19.00 21.30 WIB.

Peraturan Transfer Kredit

Bagi yang telah diterima, kredit mata kuliah dari program D3 sebelumnya dapat ditransfer sebanyak MAKSIMUM 72 SKS melalui evaluasi dan pengesahan oleh Fakultas.

Lama Studi

Program S1 Ekstensi Sistem Informasi diharapkan dapat diselesaikan pada jangka waktu minimal 5 semester (2,5 tahun) dan maksimal 9 semester (4,5 tahun) dengan beban per semester berkisar antara 12-15 SKS.