Magister Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Magister Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fisika

Program Studi Magiter Fisika berdiri sejak 1990 berdasarkan keputusan Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 152/DIKTI/Kep/2007. Di tahun 2000 program magister ini memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional dengan nilai A sesuai SK No. 025/BAN-PT/AK-I/S2/IX/2000. Saat ini, berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi No: 444/SK/BAN-PT/Ak-SURV/M/XI/2014 Program Studi Magister Fisika tetap terakreditasi A.

Program Magister Fisika didirikan dengan visi untuk “Menjadi salah satu pusat unggulan pendidikan dan penelitian ilmu fisika dan terapannya agar mampu berperan aktif di tingkat nasional maupun internasional dan mampu memberikan dukungan bagi pengembangan teknologi yang diperlukan industri nasional”.

Program Magister Fisika bertujuan untuk menghasilkan lulusan pada bidang minat yang dipilih dengan kompetensi level 8 sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yaitu mampu:

  • mengembangkan ilmu fisika hingga mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  • memecahkan permasalahan dalam masyarakat terkait ilmu fisika melalui pendekatan inter- atau multidisiplin.
  • mengomunikasikan hasil pemikirannya ke masyarakat secara lisan dan tulisan.
  • menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman melalui proses pemelajaran mandiri dan berkelanjutan.

Program Magister Fisika menyediakan dua jalur untuk menghasilkan lulusan dengan kualifikasi tersebut; (1) Jalur Studi dan Riset dan (2) Jalur Riset.

Berdasarkan kualifikasi tersebut, peminatan-peminatan di Program Magister Fisika bertujuan:

  • Fisika Murni dan Terapan
    Menghasilkan  tenaga  peneliti  yang  mampu  merencanakan  dan  melaksanakan  penelitian  bidang fisika nuklir dan partikel teoritis serta bidang fisika zat terpampatkan (Condensed Matter Physics). Tenaga pengajar yang mampu mengajar pada program jenjang sarjana dalam bidang fisika.
  • Fisika Medis dan Biofisika
    Menghasilkan  tenaga  peneliti  yang  mampu  merencanakan  dan  melaksanakan  penelitian  bidang fisika medis dan biofisika. Menghasilkan fisikawan medis yang diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, terutama dalam pelayanan radioterapi, radiodiagnostik dan kedokteran nuklir.
  • Fisika Instrumentasi
    Menghasilkan  tenaga  peneliti  yang  mampu  merencanakan  dan  melaksanakan  penelitian  dalam pengembangan instrumentasi. Menghasilkan tenaga ahli di bidang instrumentasi yang mampu melakukan kontrol kualitas dan kuantitas instrumentasi maupun mengembangkan usaha diversifikasi instrumentasi.
  • Geofisika Reservoar
    Menghasilkan  tenaga  peneliti  yang  mampu  merencanakan  dan  melaksanakan penelitian  dan pengembangan metodologi di bidang geofisika reservoir. Menghasilkan tenaga ahli geofisika reservoir yang mempunyai kemampuan analisis kuantitatif  yang kuat dengan dasar pengetahuan geologi dan teknologi reservoir yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian dan pengembangan.
  • Eksplorasi Geotermal

Menghasilkan  tenaga  peneliti  yang  mampu  merencanakan  dan  melaksanakan penelitian  dan pengembangan metodologi di bidang geotermal. Menghasilkan tenaga ahli geotermal yang mempunyai pengetahuan dan keahlian geosains, managemen dan strategi ekplorasi, analisis risiko dan investasi, serta tanggung jawab lingkungan dalam mengeksplorasi dan memanfaatkan sumber-sumber geotermal.

INFORMASI LEBIH LANJUT
PASCA SARJANA FISIKA UNVERSITAS INDONESIA
Jl. Salemba Raya No. 4, jakarta 10430
Telp.3907694, 3927554, 3928339, Fax. 3928339
Email : magisterfisika@sci.ui.ac.id

atau

Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424
Telp: 021-7872609-10, 7270160, Fax: 786 3441, 78849007
atau
www.magisterfisika.ui.ac.id

Ilmu Kimia

Program Studi Ilmu Kimia memiliki 3 kekhususan:

  • Hayati merangkum kelompok keahlian: Kimia Organik, Biokimia dan Ilmu Kimia Bahan Alam
  • Non Hayati merangkum kelompok keahlian: Kimia Fisika, Kimia Anorganik, dan Kimia Analitik
  • Bioteknologi Industri merangkum kelompok keahlian: biokimia

Biologi

P rogram Studi Biologi didirikan sebagai pusat pendidikan dan kajian ilmu pengetahuan yang mendukung peningkatan sumberdaya manusia dalam meneliti, melestarikan, dan memanfaatkan sumberdaya alam hayati.

Progam Studi Pascasarjana Biologi memiliki 4 program kekhususan, yaitu:

  • Biologi Konservasi
  • Ekologi Komunitas
  • Mikrobiologi Terapan
  • Teknologi Reproduksi.

Ilmu Bahan

D alam mewujudkan visi Program Studi Ilmu Bahan sebagai institusi yang bertaraf Internasional, Program Studi Ilmu Bahan melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan berakhlak tinggi yang mempunyai kompetensi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi bahan serta mampu bersaing di dunia internasional, melaksanakan penelitian dan menciptakan kelompok-kelompok riset baru yang inovatif serta menyebarluaskan hasilnya untuk pengembangan Ilmu Bahan. Program Studi Magister Ilmu Bahan mendidik mahasiswa/peserta didik menjadi individu pengambil keputusan dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan Ilmu Bahan dan mempunyai kemampuan secara mandiri dengan semangat dan jiwa kewiraswastaan yang handal dan melaksanakan pelayanan yang profesional untuk meningkatkan kesejahteraan masysrakat melalui pemanfaatan ilmu bahan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Mengacu pada level 8 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), kompetensi utama lulusan Magister Ilmu Bahan adalah memiliki keahlian dalam bidang Ilmu Bahan dan terapannya secara umum, serta salah bidang peminatan khusus yang dipilihnya yakni logam/alloy, keramik atau polimer, mampu menerapkan dan berperilaku professional pada bidang pekerjaannya untuk kepentingan dan kemajuan masyarakat. Kompetensi Pendukung adalah mampu mengoperasikan minimal satu peralatan riset yang ada pada program studi, sehingga Lulusan S2 Ilmu Bahan akan lebih memahami dan mampu berinovasi dan mampu membuat proposal riset dan jurnal nasional.

Program Magister Ilmu Bahan mempunyai empat kekhususan:

  • Metal danAlloy
  • PolimerdanKomposit
  • KeramikdanGelas
  • Material ElektronikdanMagnetik.

Geografi

P enyelenggaraan pendidikan pada Program Magister Ilmu Geografi bertujuan untuk menghasilkan lulusan S2 yang mampu melakukan, menerapkan, serta mengembangkan analisis keruangan untuk mengkaji berbagai aspek dalam perspektif regional. Kemampuan tersebut akan dibentuk melalui perpaduan antara metode ilmiah geografi dan penerapan teknologi SIG. Untuk itu, program ini mengembangkan dua bidang peminatan, yaitu :

  • Perencanaan Wilayah
  • Aplikasi SIG dan PJ

Program Magister Ilmu Geografi ditujukan untuk para sarjana baru, pemerhati, pengamat, peneliti, praktisi, konsultan, dan anggota masyarakat lainnya yang berminat.

Ilmu Kelautan

D alam rangka mengembangkan kekuatan dan daya saing di bidang ilmu Kelautan.  Program Studi Magister Ilmu Kelautan FMIPA-UI bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan ilmiah mahasiswa secara komprehensif. Lulusan dari Program Studi ini diharapkan mempunyai kompetensi:

  • Memiliki pengetahuan kelautan yang mendalam dan mampu merencanakan serta melaksanakan penelitian-penelitian dalam rangka pengembangan ilmunya.
  • Mampu meningkatkan penampilan ilmiah dengan mengaitkan bidang ilmu yang ditekuninya dengan bidang ilmu kelautan.
  • Mampu menanggapi dan merumuskan berbagai masalah kelautan secara obyektif berdasarkan penilaian ilmiah.
  • Mempunyai dasar-dasar kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bidang peminatan yang ditawarkan adalah

  • Sains Fisik Kelautan
  • Sains Hayati Kelautan

Matematika

P rogram Magister Matematika dibuka untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan matematika yang handal, memiliki kemampuan menjadi peneliti awal di bidang matematika, dan mempunyai kemampuan menurunkan model matematis dari masalah sains dan teknologi dan bidang lainnya serta memecahkannya. Sedangkan sasaran Program Studi adalah menyiapkan lulusan Magister Matematika sebagai peneliti di bidang matematika pada sektor pendidikan dan industri.