Magister Ilmu Komputer

Magister Ilmu Komputer

Ilmu Komputer

Lulusan dari program studi Magister Ilmu Komputer ini mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  • Merupakan pakar dalam bidang ilmu komputer yang dikuasainya, mampu mengikuti perkembangan mutakhir (state of the art) di dunia penelitian ilmu komputer yang senantiasa berubah dengan demikian pesat.
  • Mampu mengenali dan mengamati masalah-masalah yang dihadapi bangsa, yang muncul dalam kehidupan nyata, serta melakukan pendekatan dan penalaran ilmiah untuk mencari pemecahannya berbasiskan ilmu komputer.

Memiliki kemampuan untuk memajukan bidang ilmu komputer melalui penelitian berkualitas internasional.

Teknologi Informasi

Karakteristik Program MTI-UI adalah:

  • Penekanan pada kemampuan integrasi yang kuat antara penerapan TI dengan pengetahuan yang dalam mengenai manajemen dan strategi organisasi.
  • Berkembangnya berbagai karakteristik keahlian dalam bidang TI yang perlu pengkajian lebih mendalam yang terkait dengan berbagai sektor bisnis dan industri.

Peserta mendapatkan nilai tambah dan pendalaman pengetahuan S1, yaitu kemampuan dan kedalaman pengetahuan dari sisi manajemen TI. Di samping itu, peserta mendapatkan keahlian dalam mengartikulasi masalah atau solusi teknis dalam lintas organisasi maupun dengan bahasa bisnis.Pada semester gasal 2007/ 2008  Program Studi MTI-UI menambahkan program kekhususan e-Government. Program ini dirancang khusus untuk menyiapkan sumber daya manusia pemerintahan sebagai GCIO (Government Chief Information Officer) di instansi pemerintahan.Program tersebut didukung dengan Lab Kajian e-Government dan Lab Kajian IT Governance.Lulusan program MTI-UI diharapkan mempunyai kemampuan dan pengetahuan dalam bidang TI, untuk membina karir sebagai manajer atau CIO (Chief Information Officer) dalam organisasi atau perusahaan yang akan memanfaatkan TI secara ekstensif.

Teknologi Informasi Dual Mode

MTI-UI juga membuka program dual mode yang bekerjasama dengan local partner di daerah. Beberapa program dual mode yang pernah/sedang berjalan antara lain dengan Fakultas Sains & Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim (Riau), STMIK Mikroskil (Medan), STMIK Multi Data (Palembang), dan STMIK Darmajaya (Bandar Lampung).

Penyelenggaraan program dual mode akan dilaksanakan apabila jumlah mahasiswa yang mendaftar memenuhi kuota minimal yang dipersyaratkan. Peserta yang hendak mengikuti program ini juga harus mengikuti prosedur pendaftaran yang berlaku di Universitas Indonesia serta lulus seleksi masuk UI. Peserta juga diharuskan mendaftar pada local partner.