1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Ilmu Komunikasi

VISI

Menjadi institusi pendidikan berbasis riset yang unggul dalam bidangnya dan memberikan sumbangan bagi pembangunan bangsa dan negara.

MISI

  • Melalui pendidikan berbasis riset dapat menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik tinggi, memiliki profesionalitas serta moralitas, sehingga mampu bersaing dalam lingkup nasional maupun internasional.
  • Mendorong peningkatan kinerja staf akademik yang aktif, kreatif dan profesional untuk pencapaian dan pemeliharaan kualitas unggul dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  • Menghasilkan karya cipta unggul hasil riset dalam bidang ilmu dan praktik komunikasi, agar selalu menjadi acuan terdepan dan memberi manfaat bagi kepentingan perkembangan ilmu maupun kehidupan manusia.
  • Memberikan pengabdian kepada masyarakat luas melalui sumbangan pemikiran, pengetahuan, dan pekerjaan yang berkualitas tinggi, sehingga memberikan nilai tambah bagi kemaslahatan dan kesejahteraan insan manusia dalam lingkup nasional maupun internasional.
  • Mengembangkan rasa kepedulian terhadap sesama individu maupun masyarakat, baik di sekitar lingkungan langsung maupun masyarakat lebih luas secara nasional maupun internasional.
Peminatannya adalah sebagai berikut:

  • Peminatan Jurnalisme
  • Peminatan Komunikasi Media
  • Peminatan Hubungan Masyarakat
  • Peminatan Periklanan

Ilmu Politik

VISI

  • Menjadikan Departemen Ilmu Politik FISIP UI sebagai Institusi Pendidikan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi sehingga menjadi Departemen Ilmu Politik nomor satu di Indonesia
  • Menjadikan Departemen Ilmu Politik FISIP UI sebagai Pusat Penelitian di bidang Ilmu Politik yang utama di Indonesia.
  • Menjadikan Departemen Ilmu Politik sebagai Institusi Akademik yang mampu memberikan sumbangan pemikiran dan pandangan yang berguna dan berkualitas tinggi bagi Negara dan Bangsa.
  • Menjadikan Departemen Ilmu Politik FISIP UI sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di bidang Ilmu Politik utama di Asia Tenggara.

MISI

  • Mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum Departemen Ilmu Politik FISIP UI secara terus menerus dan berkesinambungan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan Ilmu Politik di dunia internasional.
  • Menjajaki dan mengembangkan kerjasama dengan Universitas‐universitas lain di dalam dan di luar negeri untuk pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas perkuliahan.
  • Memantau dan mengevaluasi secara terus menerus penyelenggaraan perkuliahan sehingga disiplin, kualitas, dan semangat mengajar dan kebersamaan di kalangan Staf Pengajar semakin meningkat.
  • Menjajaki dan mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi dan instansi pemerintah/swasta untuk mengembangkan Program Sarjana Ekstensi Ilmu Politik dan Program Pascasarjana Ilmu Politik FISIP UI.
  • Menjajaki dan mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta dalam negeri untuk pembentukan serta pengembangan Program Pascasarjana Ilmu Politik di Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  • Menjajaki kemungkinan pembentukan kelas internasional.
  • Mengadakan seminar/diskusi secara berkala yang melibatkan staf pengajar, mahasiswa dan pihak luar.
  • Membantu dan mendorong staf pengajar untuk mengikuti seminar di dalam dan di luar negeri terutama sebagai pemakalah.

Kriminologi

VISI

Terwujudnya Departemen Kriminologi sebagai penyelenggara pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat dalam bidang Kriminologi yang berbasis riset untuk menjawab permasalahan kejahatan berskala nasional dan internasional.

MISI

  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang bermoral serta memiliki kemampuan akademik dan atau profesional di bidang Kriminologi yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
  • Menemukan, mengembangkan, menciptakan karya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya akademik di bidang Kriminologi, serta menyebarkannya demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia.
  • Mengembangkan kepekaan dan kepedulian terhadap kehidupan masyarakat.
  • Ikut berperan dalam meningkatkan peradaban dunia melalui lulusan yang berwawasan global, toleran dan cinta damai.

Sosiologi

Program Sarjana Sosiologi berdiri pertamakali pada tanggal1 September 1962 dengan nama Jurusan Sosiologi, sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan. Sosiologi sebagai suatu jurusan memperoleh status otonomnya pada tanggal1 Februari 1968 bersamaan dengan berdirinya Fakultas IImu Pengetahuan Kemasyarakatan (FIPK) yang pada tahun 1971 berubah menjadi Fakultas IImu-lImu Sosial (FIS). Dalam perjalanannya, Jurusan Sosiologi terus mengembangkan kurikulum yang didukung oleh para pengajar lulusan dari dalam dan luar negeri yang sangat kompeten di bidangnya, memiliki integritas dan sangat menjunjung tinggi kualitas.

Dalam rangka pengembangan kualitas mahasiswanya, sejak tahun 1992 Program Studi Sarjana (S-1) telah melakukan suatu proses peningkatan kualitas mahasiswa program sarjana dengan mengadakan program khsusus yang jarang, bahkan tidak diberikan di universitas lain, yaitu Study Skills yang terdiri dari materi tentang teknik-teknik pengelolaan waktu (time management), membaca cepat (speed and effective reading), dan berargumentasi (the logic of argumentation). Usaha tersebut untuk melatih hubungan interpersonal maupun sosial mahasiswa, membangkitkan potensi kepemimpinan, dan meningkatkan “modal budaya” (cultural capita0 dari para mahasiswanya. Singkatnya, Program Studi S-1 Departemen Sosiologi secara nyata telah memulai suatu program integratif untuk membangun kualitas para pengajar dan mahasiswanya.

KURIKULUM

  • Beban Studi minimal 144 SKS dengan masa studi 7-12 semester
  • Kegiatan akademik berupa kuliah tatap muka, praktekdan kunjungan lapangan, magang dan penelitian.
  • Evaluasi keberhasilan mahasiswa diatur oleh FE!kultas secara rinci
  • Mahasiswa yang telah memperoleh sekurang-kurangnya 110 sks dengan IPK minimal 2.00, dapat menentukan jalur Tamat Belajar Skripsi atau Tanpa Skripsi
  • Setiap mahasiswa akan dibimbing secara intensif oleh PenasehatAkademik (PA)

MATA KULIAH

  • Mata kuliah keahlian merupakan inti bidang studi Sosiologi antara lain: Teori Sosiologi, Metode Penelltian Sosial, Statistik Sosial, Dasar Berpikir Kritis dan Penulisan Ilmiah, Sosiologi Keluarga, Sosiologi Pendidikan, Stratifikasi Sosial, Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Agama, Sosiologi Perkotaan, Dasar-Dasar Perencanaan Sosial, Sosiologi Perdesaan, Sosiologi Politik, Sosiologi Perubahan Sosial Ekonomi, SeminarTugas Akhir dan Skripsil TKA
  • Mata kuliah tentang analisa pranata sosial, sesuai dengan minat mahasiswa, sebagai pilihan fokus bidang studi seperti Sosiologi Organisasi, Sosiologi Korupsi, Dinamika Kelompok Kecil, Sosiologi Lingkungan, Gender dan Struktur Sosial, Independent Study, Pengabdian Masyarakat, Modal Sosial dan Civil Society, Konflik Sosial, Kesenjangan dan Eksklusi Sosial, Demografi Sosial, Academic Writing, Hubungan Antar Kelompok, Perubahan Sosial, Identitas Sosial dan Dinamika Global, Pengembangan Komunitas (Community Development), dan Sosiologi Industri dan Ketenagakerjaan
  • Mata kuliah pilihan dari luar Program dapat diambil sesuai dengan fokus pendalaman studi dan minat mahasiswa

Ilmu Hubungan Internasional

VISI

Menjadi lembaga terkemuka penyelenggara pendidikan dan pengajaran, penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Hubungan Internasional baik di tingkat nasional maupun internasional yang mampu memberikan kontribusi kongkrit ke arah pencapaian tujuan nasional bangsa dan terciptanya tatanan masyarakat dunia yang tertib, adil dan sejahtera.

MISI

  • Menyelenggarakan program pendidikan di bidang Ilmu Hubungan Internasional untuk jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3) dengan pendekatan kualitas manajemen pengajaran berbasis “integrated‐comprehensive methods‐based learning”, yang bertumpu pada kurikulum yang inovatif dan dinamis serta metode pembelajaran berbasis riset, baik pada substansi maupun proses, sehingga mampu membekali peserta didik dengan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku professional untuk dapat bersaing menghadapi tantangan dan peluang kompetisi pasar bebas abad ke‐21.
  • Menyelenggarakan kegiatan‐kegiatan penelitian atau pun kajian‐kajian di bidang Ilmu Hubungan Internasional yang bersifat mendasar maupun terapan, yang mampu memberikan pengayaan pada kegiatan pengajaran, mendorong dinamika Ilmu Hubungan Internasional, sekaligus member kontribusi nyata kepada masyarakat luas, khususnya kepada komunitas pengambil kebijakan di sector pemerintah maupun swasta.
  • Mendinamisasi berbagai aktivitas pengabdian masyarakat, baik berupa seminar, pelatihan dan publikasi ilmiah, baik secara mandiri maupun berkolaborasi dengan lembaga‐lembaga lain, dalam rangka meningkatkan relevansi studi Ilmu Hubungan Internasional sekaligus memperkuat jejaring kerja di antara komunitas epistemik maupun komunitas pengambil kebijakan.
  • Menyediakan dan mengembangkan sarana kerja yang dapat men‐dukung terciptanya iklim kerja yang kondusif bagi segenap sivitas akademika dalam rangka meningkatkan kinerja dan performa lembaga.
TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan‐lulusan berkualitas di setiap jenjang pendidikan yang memiliki integritas kepribadian, kompetensi keilmuan yang memadai serta kompetensi sosial yang tangguh sehingga memungkinkan mereka memiliki daya saing tinggi sekaligus mampu memberikan kontribusi profesional di dunia kerja.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pengajar, peneliti serta karyawan non‐akademik dengan berbagai cara yang mungkin (seperti: pelatihan, peningkatan kesejahteraan, dan lain sebagainya) agar dapat bekerja secara profesional, produktif dan kompetitif sehingga mampu meningkatkan performa lembaga secara internal maupun eksternal.
  • Mengembangkan dan menguatkan jejaring kerja dengan berbagai lembaga (pemerintahan, swasta, nasional, asing) untuk mendukung kegiatan pengajaran, penelitian, dan publikasi di lingkungan Departemen Ilmu Hubungan Internasional, sekaligus mempertegas eksistensi Departemen Ilmu Hubungan Internasional di antara komunitas epistemik dan pengambil kebijakan.