Ilmu Pengetahuan Budaya

Ilmu Pengetahuan Budaya

Ilmu Bahasa dan Budaya Arab

P rogram Studi S1 Arab dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi dan profesional dalam bidang penelitian dan layanan masyarakat yang terkait dengan bahasa Arab. Selain itu, para lulusan ini siap bersaing dalam pasar kerja yang menuntut kemampuan tinggi di bidang kekhususan mereka.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Arab, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Arkeologi

P rogram Studi S1 Akeologi dirancang untuk menghasilkan sarjana arkeologi yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan serta memiliki etika profesi.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Arkeologi, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 104 SKS mata kuliah wajib program studi, 12 SKS mata kuliah peminata, dan 28 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Belanda

P rogram Studi S1 Belanda dirancang untuk menghasilkan lulusan yang handal di bidang bahasa, ilmu bahasa, sastra, dan kebudayaan Belanda serta berkualitas sesuai dengan yang diharapkan stakeholders.
Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Belanda, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Cina

P rogram Studi S1 Cina dirancang untuk menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan dasar dan menyeluruh tentang budaya Cina yang ditunjang oleh penguasaan, kemahiran, dan keterampilan berbahasa Cina.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Cina, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Filsafat

P rogram Studi Filsafat mempunyai pandangan ke depan untuk menjadi suatu pusat pencerahan pemikiran tentang kehidupan manusia. Pencerahan pemikiran dilakukan melalui pemahaman dan dialog dengan ilmu-ilmu lain serta pemahaman perkembangan zaman pada abad ke-21. Dampak perubahan postitif ke arah kualitas kehidupan yang madani, manusiawi, demokratis dan egaliter. Di samping itu program studi juga akan mengarahkan programnya untuk menjadi pusat penelusuran ”local genius” kebudayaan Indonesia masa depan sebagai jati diri bangsa. Penelusuran local genius demikian dapat merupakan sumbangan terhadap wacana filsafat internasional sebagai suatu nuansa pluralitis melalui keterbukaan sikap.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Filsafat, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 104 SKS mata kuliah wajib program studi, 12 SKS mata kuliah peminatan, dan 28 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Perpustakaan

P rogram Studi S1 Ilmu Perpustakaan bertujuan untuk mengembangkan tenaga profesional yang mampu membentuk, mengelola, dan menjalankan layanan yang berorientasikan kepada pemakai; menimbulkan daya inovasi yang akan meningkatkan penerapan dalam praktik secara profesional.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Ilmu Perpustakaan, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Indonesia

P rogram Studi S1 Indonesia menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berwawasan luas tentang ilmu bahasa dan sastra Indonesia.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Indonesia, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 98 SKS mata kuliah wajib program studi, 18 SKS mata kuliah peminata, dan 28 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Inggris

Program Studi S1 Inggris bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar:

  • menguasai bahasa Inggris pada tingkat lanjut yang memungkinkan mereka berkomunikasi secara aktif di berbagai situasi, baik formal maupun informal.
  • menguasai dasar-dasar pemikiran ilmiah di bidang ilmu susastra, linguistik dan/atau budaya Inggris.
  • memiliki kemampuan analitis yang tinggi dan kemampuan berpikir yang kritis dan kreatif dalam mengidentifikasi masalah seputar bidang ilmu budaya, sastra, dan linguistik Inggris.
  • memiliki kemampuan dan kemauan untuk bekerja secara efektif dan kemampuan bekerja sama.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Inggris, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Jawa

P rogram Studi S1 Jawa bertujuan agara lulusan (1) memperoleh pengetahuan keahlian untuk menjadi peneliti kebudayaan Jawa dan daerah lain dengan menggunakan kemampuan ilmu sastra, linguistik, dan kemahiran bahasa Jawa dan daerah lain berdasarkan sumber data yang ada; (2) mampu menggunakan bahasa Jada dan daerah lain dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulis; (3) mampu mengamalkan ilmunya dalam masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Jawa, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Jepang

P rogram Studi S1 Jepang bertujuan untuk (1) menghasilkan lulusan yang handal, ahli, dan profesional dalam salah satu atau lebih bidang/pengkhususan (linguistik, sastra, sejarah, budaya dan masyarakat); (2) membentuk pribadi lulusan yang bermoral, percaya diri, berwawasan luas, dan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya dalam menunjang pengembangan diri, masyarakat, bangsa, dan negara.
Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Jepang, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Jerman

P rogram Studi S1 Jerman bertujuan agar para lulusan (1) memiliki keahlian di bidang ilmu bahasa dan kesusastraan Jerman serta latar belakang budayanya; (2) memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah-masalah bahasa dan kesusastraan Jerman. Dengan keahlian ini mereka dapat bekerja di bidang pengajaran, penelitian, penerjemahan, dan perkamusan serta memberi sumbangan bagi pembinaan kebudayaan bangsa.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Jerman, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Korea

P rogram Studi S1 Korea bertujuan untuk (1) mendidik mahasiswa agar menguasai pengetahuan dasar ilmiah dan menyeluruh tentang budaya dan bahasa korea; (2) mendidik mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya tentang budaya dan bahasa Korea, serta mampu mengikuti perkembangan ilmu dalam bidang linguistik, kesusastraan dan sejarah Korea.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Korea, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Prancis

P rogram Studi S1 Prancis bertujuan untuk (1) mendidik mahasiswa agar mahir berbahasa Prancis secara lisan maupun tertulis; (2) mendidik mahasiswa agar menguasai dasar-dasar ilmu budaya dalam kajian Eropa pada umumnya dan prancis pada khususnya; (3) mendidik mahasiswa agar mampu mengamati perkembangan kajian Eropa pada umumnya dan Prancis pada khususnya melalui berbagai kegiatan penelitian.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Prancis, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Bahasa dan Budaya Rusia

P rogram Studi S1 Rusia bertujuan untuk (1) mengembangkan pendidikan dan penelitian tentang kerusiaan; (2) meningkatkan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan profesi; (3) melaksanakan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan non pemerintah dalam dan luar negeri sesuai dengan kewenangannya.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Rusia, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Ilmu Sejarah

P rogram Studi S1 Sejarah FIB UI berupaya (1) menyiapkan peserta didik menjadi ahli sejarah yang memiliki kemampuan tinggi dalam pemikiran teoretis dan penerapannya; (2) menemukembangkan dan menciptakan karya di bidang ilmu sejarah serta menyebarkannya demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia; (3) memberikan kontribusi dan masukan pemikiran kepada lembaga, instansi, baik pemerintah maupun nonpemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran sejarah di kalangan masyarakat.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Sejarah, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 104 SKS mata kuliah wajib program studi, 12 SKS mata kuliah peminata, dan 28 SKS mata kuliah pilihan bebas.